Sebutkan Batas-Batas Wilayah Asia Tenggara, Ini Jawabannya Lengkap

Kezia Veronica Corne ยท Rabu, 10 Agustus 2022 - 14:20:00 WIB
Sebutkan Batas-Batas Wilayah Asia Tenggara, Ini Jawabannya Lengkap
jawaban dari sebutkan batas-batas wilayah Asia Tenggara!

JAKARTA, iNews.id – Sebutkan batas-batas wilayah Asia Tenggara sering keluar menjadi pertanyaan dalam soal ujian. Agar bisa menjawabnya dengan betul, pelajari informasinya di sini.

Asia Tenggara merupakan salah satu kawasan dalam benua Asia yang membentang seluas 4.511.167 kilometer persegi kilometer persegi atau setara dengan 8,84 persen dari luas benua Asia.

Kawasan ini terdiri atas 11 negara yang terbentang dari India Timur sampai China dan terletak di ujung Tenggara benua Asia. Lokasi ini menjadi tempat yang strategis terutama bagi kehidupan perekonomian di dunia yang didukung oleh kekayaan sumber daya alamnya yang cukup melimpah.

Adapun negara-negara yang termasuk dalam kawasan Asia Tenggara di antaranya Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina, Brunei Darussalam, Vietnam, Myanmar, Laos, kamboja, dan Timor Leste.

Lantas, sebutkan batas-batas wilayah Asia Tenggara!

Batas-Batas Wilayah Asia Tenggara

Secara geografis kawasan Asia Tenggara terletak di antara dua benua, yaitu benua Asia dan benua Australia, dan dua samudra, yaitu samudra Hindia dan samudra Pasifik.

Kemudian, secara astronomis kawasan Asia Tenggara berada di antara 28o LU – 11o LS dan 95o BT – 141o BT. Jadi, jawaban dari sebutkan batas-batas wilayah Asia Tenggara adalah sebagai berikut.

  • Batas Wilayah Asia Utara   : RRC, Teluk Tonkin, dan Laut Cina Selatan
  • Batas Wilayah Asia Barat   : Bangladesh, Teluk Benggala, dan Laut Andaman
  • Batas Wilayah Asia Selatan   : Samudra Hindia dan Australia
  • Batas Wilayah Asia Timur  : Samudra Pasifik dan Papua Nugini

Editor : Puti Aini Yasmin

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda