Segera Dilantik Jadi Kapolri, Listyo Sigit Diminta Perkuat Soliditas Polri

Irfan Ma'ruf ยท Minggu, 24 Januari 2021 - 07:07:00 WIB
Segera Dilantik Jadi Kapolri, Listyo Sigit Diminta Perkuat Soliditas Polri
Kapolri terpilih Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo. (Foto: Sindonews).

JAKARTA, iNews.id - Penunjukan Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo sebagai kapolri membawa angin segar di tubuh Polri. Sigit dinilai cermin regenerasi yang mampu melanjutkan reformasi Polri.

Dari lima nama jenderal yang diajukan Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) kepada Presiden Joko Widodo, Sigit merupakan perwira tinggi termuda. Polisi kelahiran Kota Ambon, Maluku ini merupakan lulusan Akademi Kepolisian 1991.

Dipilihnya Listyo Sigit sempat dikhawatirkan bakal menjadi polemik. Ini karena dia melangkahi dua angkatan setelah kapolri saat ini Jenderal Idham Azis, yang merupakan Akpol 1988.

Guru Besar Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Unpad Profesor Muradi mengatakan, penunjukan sosok muda sebagai kapolri merupakan hal biasa saja. Dia memandang hal tersebut tidak masalah.

"Penunjukan kapolri yang lebih muda, saya kira bukan pengalaman pertama. Kalau di era reformasi dua kali. Sebelumnya ada zaman Pak Harto jauh lebih muda. Saya kira normal-normal saja," ujarnya dalam diskusi virtual yang diadakan Beranda Ruang Diskusi, Jumat (22/1/2021).

Kabareskrim, Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo. (Foto: Istimewa)

Menurut Muradi, ketika Presiden sudah menunjuk satu nama menjadi Kapolri, maka di tubuh Pori semuanya akan ikut nurut. Terlebih pembawaan calon kapolri saat ini supel. 

"Pak Sigit punya pendekatan yang mirip dengan Pak Tito (mantan kapolri Tito Karnavian). Ini memang agak lebih lentur mugkin lebih banyak bergaul juga dengan berbagai pihak. Salah satunya politisi," tuturnya.

Editor : Zen Teguh

Halaman : 1 2 3