Semboyan Bhinneka Tunggal Ika Memiliki Arti Apa? Pahami Maknanya!

puti aini yasmin ยท Sabtu, 22 Januari 2022 - 16:26:00 WIB
Semboyan Bhinneka Tunggal Ika Memiliki Arti Apa? Pahami Maknanya!
ilustrasi monumen pancasila

JAKARTA, iNews.id - Bhinneka Tunggal Ika menjadi semboyan negara yang dianut bangsa Indonesia. Namun, terkadang masih banyak yang lupa dan paham dari makna semboyan negara ini.

Dikutip dari buku 'Sejarah Hukum Indonesia' karya Prof Dr Sutan Remy Sjahdeini, Bhinneka Tunggal Ika tertuang dalam Peraturan Pemerintah Nomor 66 Tahun 1951 tentang Lambang Negara. Peraturan tersebut juga ditetapkan di Jakarta, 17 Oktober 1951 oleh Presiden Soekarno dan Perdana Menteri Sukiman Wirjosandjojo.

Semboyan Bhinneka Tunggal Ika Memiliki Arti Apa?

Melansir buku 'Get Smart Pendidikan Kewarganegaraan' terbitan Grafindo, Bhinneka Tunggal Ika bagi bangsa Indonesia sebagai pemersatu. Sebab, makna semboyan Bhinneka Tunggal Ika memiliki arti berbeda-beda tetapi tetap satu jua.

Kalimat Bhinneka memiliki arti beraneka ragam. Sedangkan kata tunggal berarti bermakna satu. Sedangkan, kata Ika dalam semboyan Bhinneka Tunggal Ika memiliki arti satu.

Sehingga secara harfiah, semboyan Bhinneka Tunggal Ika memiliki arti beraneka ragam berhimpun menjadi satu. Hal ini menjadi gambaran dari persatuan Indonesia yang terdiri dari berbagai macam budaya, agama, etnis, bahasa daerah dan kepercayaan.

Sejarah Bhinneka Tunggal Ika

Semboyan Bhinneka Tunggal Ika pertama kali dicetuskan dalam kitab Sutasoma karya Mpu Tantular. Kitab ini ditulis pada abad XIV dan menjadi bahan diskusi di sidang tertutup BPUPKI.

Beberapa tahun kemudian, semboyan Bhinneka Tunggal Ika memiliki arti berbeda-beda tetapi tetap satu jua disisipkan ke dalam lambang burung Garuda Pancasila. Semboyan ini dinilai mengusung cita-cita untuk membangun bangsa Indonesia menjadi negara merdeka dan berdaulat.

Editor : Puti Aini Yasmin

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: