Sepuluh Hakim Pose Dua Jari Viral, PPP Akan Tanya Kepada MA

Felldy Utama ยท Rabu, 13 Februari 2019 - 15:10:00 WIB
Sepuluh Hakim Pose Dua Jari Viral, PPP Akan Tanya Kepada MA
Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP Partai Persatuan Pembangunan (PPP) yang juga anggota Komisi III DPR RI Arsul Sani. (Foto: iNews.id/Felldy Utama)

JAKARTA, iNews.id - Aksi sepuluh hakim yang berpose dua jari viral. Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP Partai Persatuan Pembangunan (PPP) yang juga anggota Komisi III DPR RI Arsul Sani akan menanyakan kasus tersebut ke Mahkamah Agung (MA).

"Nanti tentu akan kita tanyakan dalam rapat konsultasi antara Mahkamah Agung dengan (Komisi III) DPR berikutnya. Apakah viral itu merupakan keberpihakan dari katakanlah jajaran peradilan kepada paslon tertentu atau tidak," kata Arsul, di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (13/2/2019).

Wakil ketua Tim kampanye nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf Amin ini mengungkapkan, pose dua jari yang dilambangkan dengan pasangan calon nomor urut 02 Prabowo-Sandi ini, ternyata kerap digunakan para pegiat literasi.

Dalam konteks pemilihan presiden (Pilpres) 2019 ini, Arsul menambahkan, pose dua jari kerap diputar balik. Oleh karena itu, penting baginya untuk mempertanyakan kepada MA terkait maksud pose dua jari yang tengah viral tersebut.

"Beberapa waktu yang lalu misalnya Mbak Najwa Shihab kan juga sebagai pegiat literasi itu kan juga ada posenya dua jari yang menjadi lambang 02. Tapi kan kemudian diklarifikasi bahwa itu enggak ada urusannya karena itu sudah diambil beberapa bulan sebelum kontestasi pemilu ini dimulai. Jadi itu nanti kita tanyakan," ujarnya.

Sepuluh hakim pose dua jari. (Foto: Istimewa)

Sebelumnya, viral di media sosial sebuah foto yang menampilkan sepuluh hakim yang memakai toga merah tengah berfoto bersama. Dari sepuluh hakim, terdapat satu perempuan yang mengenakan jilbab.

Yang membuat foto itu menjadi viral karena sepuluh hakim yang tengah berfoto bersama itu ternyata sambil menunjukkan pose jempol dan jari telunjuk yang mengacung. Bentuk jari tersebut menyerupai pose yang melambangkan pasangan calon nomor urut 02 Prabowo Subianto dan Sandiaga Salahuddin Uno selama masa kampanye pemilihan presiden (Pilpres) 2019.

Namun, tak secara keseluruhan sepuluh hakim itu menunjukkan pose yang sama. Mengingat, ada satu hakim pria yang mengepalkan tangan dengan jempol mengacung.

Editor : Djibril Muhammad