Strategi Berenang Melintasi Red Ocean ke Blue Ocean bagi Perusahaan
Jika kita melihat semua pasar dari visi etic, kita mungkin akan dengan mudah melewatkan kebutuhan ini. Di negara-negara yang lebih maju, pendapatan disposabel yang tersedia di antara populasi umum memungkinkan vitamin, mineral, omega, dan serat ini dengan mudah dipenuhi. Faktanya, kurangnya barang-barang dasar itu paling buruk merupakan kejadian langka dan tidak menguntungkan.
Berenang melintasi red oceans dan muncul di blue oceans menjadi penggerak pertama merupakan keuntungan penting karena dengan menjadi fleksibel, perusahaan dapat dengan mudah menyesuaikan diri dengan perubahan eksternal seperti permintaan dan tren konsumen. Dengan menjadi penggagas pertama, perusahaan mendapatkan keuntungan seperti biaya rendah dan skala ekonomi.
Ini juga alasan mengapa red oceans begitu berdarah karena produk dan layanan serupa telah disempurnakan dan direplikasi berulang-ulang dengan biaya lebih rendah. Hal tersebut menyebabkan perusahaan takut untuk mencari opsi baru.
Oleh karena itu, dalam pertempuran terus-menerus untuk bertarung untuk pangsa pasar dengan memotong margin keuntungan lebih rendah dan lebih rendah. Bagi perusahaan yang berhasil memperoleh keunggulan kompetitif yang menjadi penggerak pertama, penting bagi mereka untuk memanfaatkan peluang keunggulan tersebut semaksimal mungkin karena persaingan akan segera menyusul.
Sebagian besar perusahaan cenderung beradaptasi dengan tren baru daripada mencoba membentuk tren baru. Untuk menciptakan ruang pasar yang belum dimanfaatkan, perusahaan perlu menemukan tren yang dapat diamati hari ini dan melihat gambaran besarnya dan melihat apa yang terjadi pada nilai yang akan dimilikinya di masa depan.