Surat Izin Belum Juga Keluar, FPI: Apa Karena Sikap dan Pilihan Politik Selama Ini

Wildan Catra Mulia ยท Rabu, 27 November 2019 - 20:11 WIB
Surat Izin Belum Juga Keluar, FPI: Apa Karena Sikap dan Pilihan Politik Selama Ini

Massa FPI. (Foto: Okezone)

JAKARTA, iNews.id - Pengacara Front Pembela Islam (FPI) Sugito Atmo Prawiro menanggapi soal Surat Keterangan Terdaftar (SKT) FPI yang hingga saat ini belum juga keluar. Pemerintah menyebut masih perlu mendalami beberapa hal terkait perpanjangan izin FPI.

Sugito menyebut, kenapa hanya FPI yang selalu dipersulit hanya untuk mengurus soal perizinan. "Ormas-ormas yang lain enggak dipermasalahkan, apa karena pilihan dan sikap politik selama ini dijalankan oleh FPI sehingga FPI selalu menjadi hal hal yang seharusnya mudah menjadi sulit," katanya kepada iNews.id, Rabu (27/11/2019).

Sugito mengatakan, FPI sudah sepakat dan berjanji setia kepada Pancasila, Undang-Undang Dasar (UUD) 1945 serta Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). FPI bahkan sudah memberikan segala syarat dan ketentuan terkait perpanjangan SKT.

"Sudah semua, (syarat diberikan) enggak ada, enggak ada (yang kurang). Kita lagi dikerjain ini mah," ujarnya.

SKT, menurut Sugito, begitu penting karena akan memperlancar operasional sebuah ormas. Dengan SKT, ormas akan mendapatkan bantuan finasial berupa kerja sama kegiatan dengan pemerintah daerah.

Jika nantinya SKT belum juga keluar, dia memastikan, FPI tetap berjalan seperti biasa dan tak akan membubarkan diri. "SKT itu kan itu sikapnya sukarela. SKT itu biasanya untuk terkait dengan kegiatan dengan pemerintah. Jika tidak punya SKT maka tidak ada dari pemerintah yang support atau membantu secara finansial dalam bentuk kerja sama," tuturnya.

Pemerintah masih membutuhkan waktu terkait perpanjangan izin organisasi masyarakat (ormas) Front Pembela Islam (FPI). Waktu tersebut dibutuhkan untuk lebih memperdalam berbagai persyaratan yang telah dipenuhi ormas pimpinan Rizieq Shihab itu.

Menko Polhukam Mohammad Mahfud MD mengatakan, Kemenko Polhukam sudah mempelajari dan mendiskusikan soal perpanjangan izin FPI. Namun, Kemenko Polhukam belum mengeluarkan Surat Keterangan Terdaftar (SKT) bagi FPI karena ormas tersebut memiliki beberapa catatan sehingga, ada pembasahan yang perlu didalami Kementerian Agama (Kemenag).

"Disimpulkan FPI sudah mengajukan permohonan untuk perpanjangan surat keterangan terdaftar dan ternyata masih ada hal-hal yang perlu didalami dan Menteri Agama nanti akan mendalaminya dan melakukan pembahasan yang lebih dalam lagi," katanya usai rapat tertutup bersama Mendagri Tito Karnavian dan Menag Fachrul Razi di Kemenko Polhukam, Jakarta, Rabu (27/11/2019).


Editor : Djibril Muhammad