Get iNews App with new looks!
inews
Advertisement
Aa Text
Share:
Read Next : 2 Teman Seangkatan Kapolri Listyo Sigit Prabowo Resmi Jadi Kapolda
Advertisement . Scroll to see content

Survei Unnes: Indeks Persepsi Kepuasan Catar dan Ortu pada Seleksi Akpol 94,5 Persen

Selasa, 25 Juli 2023 - 08:40:00 WIB
Survei Unnes: Indeks Persepsi Kepuasan Catar dan Ortu pada Seleksi Akpol 94,5 Persen
Universitas Negeri Semarang (Unnes) merilis hasil survei indeks persepsi kepuasan publik terhadap proses rekrutmen Akademi Kepolisian (Akpol) tahun Anggaran 2023. (Foto: Istimewa)
Advertisement . Scroll to see content

JAKARTA, iNews.id - Universitas Negeri Semarang (Unnes) merilis hasil survei indeks persepsi kepuasan publik terhadap proses rekrutmen Akademi Kepolisian (Akpol) tahun Anggaran 2023. Survei diikuti 528 responden. 

Ketua tim survei Unnes, Benny Sumardiana mengatakan metode yang digunakan yaitu para responden diminta mengisi kuisioner. Responden terdiri atas calon taruna (catar) Akpol, panitia dari internal dan eksternal yang terlibat dalam kepanitiaan seleksi Akpol hingga para orang tua (ortu) catar.

Benny menjelaskan catar diminta mengisi lembar kuisioner. Sementara orang tua dan panitia yang dilibatkan dalam proses rekrutmen mengisi kuisioner dalam bentuk Google Form.

“Untuk metode, kami pakai Permen PAN RB Nomor 14 Tahun 2017 tentang Survei Kepuasan Masyarakat. Waktu survei 10 sampai dengan 21 Juli 2023,” kata Benny, Senin (24/7/2023).

Berdasarkan klasifikasi, interval kepercayaan dalam survei dengan responden catar sebanyak 95 persen. Benny menyebut margin of error survei catar 5 persen.

Kemudian untuk responden orang tua catar, interval kepercayaan di angka 93 persen, dengan margin of error 13 hingga 18 persen. Terakhir pada responden panitia rekrutmen, interval kepercayaan 94 persen dengan margin of error 10 hingga 15 persen.

Berikut hasil survei Unnes terhadap indeks persepsi kepuasan rekrutmen Akpol 2023 dengan responden catar:

1. Indikator persyaratan
- Nilai koefisien 3,63
- Nilai konversi 90,75

2. Indikator prosedur
- Nilai koefisien 3,68
- Nilai konversi 92

3. Indikator waktu
- Nilai koefisien 3,51
- Nilai konversi 87,75

4. Indikator biaya/tarif
- Nilai koefisien 3,86
- Nilai konversi 96,5

5. Indikator standar pelayanan
- Nilai koefisien 3,84
- Nilai konversi 96

6. Indikator kompetensi pelaksana
- Nilai koefisien 3,90
- Nilai konversi 97,5

7. Indikator perilaku pelaksana
- Nilai koefisien 3,96
- Nilai konversi 99

8. Indikator sarana prasarana
- Nilai koefisien 3,82
- Nilai konversi 95,5

9. Indikator penanganan pengaduan
- Nilai koefisien 3,85
- Nilai konversi 96,25

Rata-rata hasil
- Nilai koefisien 3,78
- Nilai konversi 94,5

Follow WhatsApp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut