Tak Setuju Ataturk Jadi Nama Jalan di Jakarta, Mahfud MD: Tak Sebanding dengan Bung Karno

Riezky Maulana · Senin, 25 Oktober 2021 - 00:48:00 WIB
Tak Setuju Ataturk Jadi Nama Jalan di Jakarta, Mahfud MD: Tak Sebanding dengan Bung Karno
Menko Polhukam Mahfud MD menilai nama Mustafa Kemal Ataturk tak layak dijadikan nama jalan di Jakarta. (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - Menko Polhukam Mahfud MD angkat bicara terkait rencana penamaan salah satu jalan di Jakarta dengan nama tokoh Turki, Mustafa Kemal Ataturk. Usulan itu, dinilai Mahfud MD tidaklah layak.

Mahfud mengatakan Ataturk merupakan seorang penjahat. Pernyataan tersebut disampaikan Mahfud dalam diskusi daring bertajuk berjudul "Intoleransi dan Radikalisme Kuda Troya Politik dan Agama", Minggu (24/10/2021).

"Sekarang ini soal jalan di Kebon Sirih yang mau dijadikan Jalan Kemal Ataturk, jangan, tidak sebanding Ataturk dengan Bung Karno, Ataturk itu penjahat," tuturnya.

Mahfud menjelaskan, Ataturk memang menjadi salah satu nama orang yang dikagumi oleh Presiden pertama Indonesia, Soekarno. Namun, sambung dia, Soekarno lebih terbuka dan cenderung kagum terhadap ulama-ulama Tanah Air.

"Dulu Ataturk adalah salah seorang yang dikagumi oleh Bung Karno, dan itu ditulis, ada tulisannya sampai sekarang. Tetapi Bung Karno orang yang terbuka, dia mengagumi juga ulama-ulama Indonesia," tuturnya.

Editor : Rizal Bomantama

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: