Terungkap, Ferdy Sambo Minta Brigadir J dan Bharada E Diberi Senpi tanpa Tes

Ari Sandita Murti ยท Senin, 28 November 2022 - 19:44:00 WIB
Terungkap, Ferdy Sambo Minta Brigadir J dan Bharada E Diberi Senpi tanpa Tes
Ferdy Sambo meminta penerbitan senpi untuk Brigadir J dan Bharada E tanpa prosedur resmi (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - Fakta baru terungkap dalam sidang kasus dugaan pembunuhan berencana Brigadir Nopriyansyah Yosua Hutabarat (Brigadir J). Mantan Kadiv Propam Polri Ferdy Sambo ternyata menyuruh anak buahnya menerbitkan izin senjata api tanpa prosedur resmi.

Saksi Kepala Urusan Logistik Pelayanan Masyarakat Polri, Linggom Parasian Siahaan menyebut Ferdy Sambo meminta izin senjata untuk Brigadir J dan Bharada Richard Eliezer Pudihang Lumiu (Bharada E).

Penerbitan izin senjata api Brigadir J dan Bharada E dibuat secara dadakan, kilat, dan tak lengkap syaratnya.

"Kaitannya (dengan kasus ini) adalah saya yang mengeluarkan surat izin memegang dan menggunakan senjata api dari Richard Eliezer dan almarhum Brigadir Yoshua," ujar Linggom di persidangan, Senin (28/11/2022).

Bharada E (Foto: Antara)
Bharada E (Foto: Antara)

Linggom menerima perintah dari Kayanma Polri, Kombes Pol Hari Nugroho berupa surat izin membawa dan menggunakan senjata api, pada 15 Desember 2021.

"Bapak Kayanma perintahkan saya, 'tolong kamu buatkan SIMSA-nya (Surat Izin Membawa Senjata Api), saya tunggu sekarang'. Saya naik ke ruangan, saya perintahkan anggota untuk membuat, setelah selesai saya buat, saya antarkan lagi ke ruangan Kayanma," tuturnya.

Editor : Muhammad Fida Ul Haq

Halaman : 1 2

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda