TGB Ungkap 3 Cara Atasi Islamfobia di Dunia

Widya Michella · Kamis, 04 Agustus 2022 - 18:43:00 WIB
TGB Ungkap 3 Cara Atasi Islamfobia di Dunia
Tuan Guru Bajang (foto: MPI)

JAKARTA, iNews.id - Mantan Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Tuan Guru Bajang Muhammad Zainul Majdi memberikan tiga solusi untuk mengatasi islamfobia di dunia. Pertama yaitu dialog terbuka menghadirkan wajah Islam yang mencerminkan rasionalitas dan wajah Islam yang maju. 

TGB mengatakan sejak zaman Rasulullah, umat Islam tidak pernah diajarkan untuk eksklusif tetapi selalu membuka diri. 

Hal tersebut terangkum dalam konstitusi Madinah yang dibuat Rasulullah. Konstitusi tersebut dapat menyatukan penduduk Madinah yang bukan hanya orang Islam, tetapi juga umat Yahudi dan lainnya. 

"Rasul sallallahu alaihi wasallam membangun inklusifitas dalam kehidupan sosial dengan terbuka, itu kita bisa dialog. Kalau misalnya umat Islam meyakini bahwa Islam itu adalah hak kebenaran, kenapa kita takut untuk membukanya," ujarnya dalam diskusi di JCC Senaya, Jakarta, Kamis (4/8/2022). 

Kedua, adalah menghadirkan wajah Islam yang mencerminkan rasionalitas dimana tidak hanya pada tataran norma-norma seperti cara membedakan haram atau haram, tetapi juga melengkapi  tuntunan Islam dalam menghadapi problema kehidupan yang dijelaskan dengan nalar.

Editor : Reza Fajri

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda