Tito Karnavian Minta Kepala Daerah Terpilih Kendalikan Laju Penularan Covid

Dita Angga ยท Rabu, 14 April 2021 - 18:44:00 WIB
Tito Karnavian Minta Kepala Daerah Terpilih Kendalikan Laju Penularan Covid
Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian. (Foto Antara).

JAKARTA, iNews.id - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian meminta kepala daerah terpilih melakukan pengendalian terhadap laju pandemi covid-19. Hal ini mengingat kepala daerah merupakan Kepala Satgas Penanganan Covid-19 di daerahnya masing-masing.

Tito membeberkan sejumlah indikator dari keberhasilan pengendalian covid-19. Salah satunya adalah turunnya angka positif.

"Testingnya meningkat, tetapi memang angkanya (positifnya) yang rendah, karena kasusnya menurun," ujarnya dalam keterangan pers Puspen Kemendagri, Rabu (14/4/2021).

Lalu indikator lainnya adalah tingginya angka kesembuhan. Dimana hal ini dilakukan dengan meningkatkan perawatan kepada pasien covid-19.

Indikator selanjutnya, yakni angka kematian yang rendah. Salah satu ukuran untuk melihat angka kematian akibat covid-19 rendah adalah melihat data di Dukcapil.

"Dukcapil itu memiliki angka kematian, orang meninggal biasanya buat akta (kematian). Bila ternyata tidak terjadi lonjakan kematian baik berdasarkan data Dinas Dukcapil maupun rumah sakit, itu berarti menunjukkan bahwa angka kematian akibat covid-19 betul-betul rendah,” ujarnya.

Editor : Faieq Hidayat

Halaman : 1 2