5 Tips Merawat Ban di Musim Hujan, Perhatikan Ini agar Tidak Tergelincir

Dani M Dahwilani · Senin, 23 November 2020 - 06:03:00 WIB
5 Tips Merawat Ban di Musim Hujan, Perhatikan Ini agar Tidak Tergelincir
Periksa tekanan angin ban yang sesuai dengan rekomendasi pabrikan untuk memastikan telapak ban mobil memperoleh grip. (Foto: Dok/Auto2000)

JAKARTA, iNews.id – Salah satu penyebab kecelakaan mobil di musim hujan adalah aquaplaning atau hidroplaning. Aquaplaning dapat diartikan sebagai kondisi saat tekanan air terakumulasi di depan ban mobil sehingga telapak ban akan terangkat atau tidak menempel pada permukaan jalan ketika melaluinya.

Bila terjadi mobil akan kehilangan kendali lantaran tidak bisa membelokkan setir dan mobil tetap berjalan lurus karena ban kehilangan traksi. Agar hal tersebut tidak terjadi, dilansir dari keterangan elektronik Auto2000, berikut lima langkah pemeriksaan dan perawatan ban mobil di musim hujan.

1. Periksa Tekanan Angin Ban

Periksa tekanan angin ban yang sesuai dengan rekomendasi pabrikan untuk memastikan telapak ban mobil memperoleh grip atau menapak aspal jalan dengan optimal. Jika angin kurang segera isi dan sesuaikan tekanannya antara ban kiri dan kanan.

2. Perhatikan Telapak Ban

Periksa ketebalan telapak ban via Tire Wear Indicator (TWI) yang terdapat di alur telapak ban. Segera ganti ban mobil ketika permukaan telapak ban sudah sejajar dengan indikator TWI (tanda berbentuk segitiga). Ini untuk memastikan mobil tidak mudah tergelincir di jalan licin.

Editor : Dani M Dahwilani

Halaman : 1 2