BRIN Kembangkan Fast Charging Mobil Listrik, Bagaimana untuk Motor?

Muhamad Fadli Ramadan ยท Jumat, 30 September 2022 - 23:02:00 WIB
BRIN Kembangkan Fast Charging Mobil Listrik, Bagaimana untuk Motor?
Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) mengembangkan model fast charging untuk mobil listrik. (Foto: Muhamad Fadli)

JAKARTA, iNews.id - Infrastruktur masih menjadi kendala dalam akselerasi kendaraan listrik di Indonesia, khususnya stasiun pengisian baterai. Terlebih pengisian cepat atau fast charging sangat dibutuhkan untuk memudahkan pengguna mobil listrik.

Saat ini, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) baru mengembangkan model fast charging untuk mobil listrik. Ini disebabkan baterai yang digunakan sebagian besar motor listrik belum mendukung untuk diisi dengan menggunakan daya besar.

"Kalau untuk mobil, baterainya sudah siap untuk diisi daya besar, bisa cepat. Kalau untuk motor sementara ini baterai yang digunakan relatif belum siap," kata Kepala Program Inovasi Charging Station BRIN, Riza, Jumat (30/9/2022).

Dia menjelaskan fast charging pengembangan BRIN sudah siap disebarluaskan. Alat tersebut juga sudah lolos uji. Bahkan, telah digunakan pengemudi taksi.

Untuk motor listrik, saat ini BRIN sedang mengembangkan teknologi baterai agar bisa diisi menggunakan port fast charging. Namun, ini masih membutuhkan kajian dan penelitian yang lebih dalam sebelum mengajak industri terkait bekerja sama memproduksi baterai.

"Kalau dari sisi chargernya sudah siap. Jadi sepanjang yang mau menerimanya ini sudah siap bisa diisi cepat," ujar Riza.

"Jadi gini, supaya kendaraan itu bisa diisi cepat, pertama dari sisi baterainya seberapa bisa dia menerima arus besar. Kalau dari sisi chargernya itu tinggal ditingkatkan kapasitasnya. Lebih mudah memang dari sisi charger," katanya.

Editor : Dani M Dahwilani

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda