Cara Membedakan Helm Merek Asli dan Palsu, Perhatikan 5 Hal Ini

Dani M Dahwilani · Jumat, 09 April 2021 - 07:20:00 WIB
Cara Membedakan Helm Merek Asli dan Palsu, Perhatikan 5 Hal Ini
Banyak merek helm tiruan alias KW di pasaran yang membuat konsumen terkecoh karena harganya murah.  (Foto: Cargloss)

JAKARTA, iNews.id - Helm merupakan perlengkapan yang wajib digunakan pengendara untuk melindungi kepala dari cedera bila terjadi kecelakaan. Sebab itu, jangan asal membeli helm hanya untuk memenuhi syarat agar tidak ditilang.

Permasalahannya banyak helm tiruan alias KW di pasaran yang membuat konsumen terkecoh karena harganya murah. Padahal, helm asli dibuat melalui standar keamanan yang telah ditetapkan, seperti Standar Nasional Indonesia (SNI), Department of Transportation (DOT) atau Snell.

Bagaimana membedakan helm asli dan palsu?General Manager Cargloss Helmet, Endin Nasrudin mengungkapkan, banyak indikator yang dapat dilihat konsumen baik secara kasat mata maupun detail fisik. 

"Paling sederhananya adalah harga. Helm tiriuan biasanya harganya lebih murah," ujarnya, dalam video conference, baru-baru ini.

Endin pun membagikan tips cara mengetahui helm merek asli dan palsu, sebagai berikut:

1. Stiker

Perhatikan stiker merek yang ditempel. Helm asli biasanya memiliki stiker yang menyatu dengan cat dan terlihat glossy.

"Stiker merek berada di bawah permukaan cat glossy. Bila diraba terasa halus dan menyatu. Sementara helm merek tiruan stiker bisa dicabut," kata Endin.

2. Bahan

Saat membeli helm perhatikan bahan. Helm asli memiliki kualitas bahan lebih baik dan tidak ringkih, mulai dari plastik, karet seal, tali pengikat, busa dan styrofoam.

"Fungsi styrofoam adalah untuk menahan getaran pada saat terjadi benturan. Biasanya helm asli memiliki styrofoam lebih tebal dan keras. Kalau yang tiriuan bila ditekan lembek," ujar Endin.

3. Label

Cek label pada helm. Di helm asli terdapat warning pemakaian dan pemiliharaan, serta nama perusahaan pembuat helm tersebut.

Editor : Dani M Dahwilani

Halaman : 1 2