Ingat, Memakai Masker dalam Helm Fullface Ternyata Berbahaya

Riyandy Aristyo ยท Rabu, 03 Juni 2020 - 21:01 WIB
Ingat, Memakai Masker dalam Helm Fullface Ternyata Berbahaya

Memakai masker dalam helm fullface ternyata berbahaya. (Foto: iNews.id/Riyandy Aristyo)

JAKARTA, iNews.id - Salah satu aturan di dalam penerapan 'New Normal' saat berkendara sepeda motor, yakni memakai masker. Ternyata memakai masker juga berisiko tinggi, khususnya pengendara yang menggunakan helm fullface.

Instruktur Keselamatan SDCI, Doddy Setiadi YP mengatakan, masker justru bisa menghambat pernapasan bagi pengguna helm fullface, meski helm tersebut punya banyak ventilasi dan aliran udara.

"Masker bedah biasanya dapat membatasi pernapasan. Bisa fatal ketika adrenalin Anda meningkat. Adrenalin menyebabkan detak jantung berlipat ganda tergantung pada kecepatan Anda," ujar Doddy saat dihubungi iNews.id, Rabu (3/6/2020).

Dengan tingginya adrenalin, membuat bagian pernapasan akan bekerja cepat. Dengan adanya masker, justru membatasi pernapasan dan membuat jantung kesulitan memompa darah. "Otak juga akan menderita karena kekurangan oksigen hingga berpotensi kematian," kata Doddy.

Doddy melanjutkan, hal tersebut berlaku untuk pengendara motor yang doyan ngebut dan tidak berlaku pada motor yang melaju di kecepatan wajar sehingga adrenalin tidak terpacu.

Sejumlah faktor lain yang menghambat pernapasan antara lain dari suhu (panas) dan kelembapan misalnya dari kecelakaan tiba-tiba di depan yang membuat lalu lintas menjadi panas dan lembap.

Doddy menyarankan kepada seluruh pengendara sepeda motor selalu membawa hand sanitizer untuk membersihkan tangan dan sarung tangan saat bepergian.

Editor : Tuty Ocktaviany