Inggris Uji Coba Tempat Pengisian Mobil Listrik di Pinggir Trotoar

Dani M Dahwilani ยท Rabu, 29 April 2020 - 22:04 WIB
Inggris Uji Coba Tempat Pengisian Mobil Listrik di Pinggir Trotoar

Kembangkan infrastruktur, Inggris menguji coba tempat pengisian daya mobil listrik di trotoar pinggir jalan perumahan. (Foto: Carscoops)

LONDON, iNews.id - Inggris terus mengembangkan infrastruktur kendaraan listrik (electric vehicle/EV) guna mendorong mobilitas yang lebih ramah lingkungan. Salah satunya dengan menguji coba tempat pengisian daya mobil listrik di pinggir trotoar jalan.

Dilansir dari Carscoops, Rabu (29/4/2020), sistem pengisian pop-up yang dikembangkan Urban Electric ini dapat membantu pemilik EV mengisi ulang mobil di rumah meskipun tidak memiliki tempat parkir selain di jalan.

Menurut Urban Electric, di Inggris, 43 persen rumah tangga (setara dengan 8 juta mobil dan kendaraan barang ringan) tidak memiliki akses jalan masuk atau garasi. Itulah mengapa titik pengisian di tepi jalan sangat masuk akal.

Fasilitas ini menghasilkan tingkat pengisian 7kW cocok untuk 90 persen jalan perumahan. Meskipun 7kW tidak terdengar besar, unit ini dirancang digunakan dalam semalam, dan karena mereka ditempatkan di area perumahan, itu berarti pemilik EV dapat menggunakannya sesering mungkin sesuai yang mereka butuhkan.

Sistem dirancang bekerja ketika pengemudi menarik titik pengisian, yang dioperasikan melalui aplikasi smartphone. Alat akan berdiri tegak di trotoar hanya ketika akan digunakan. Jadi fasilitas ini tidak akan menghalangi pengguna jalan dan membuat trotor berantakan.

Foto: Carscoops
Foto: Carscoops

"Pembelajaran dari uji coba ini akan membantu Urban Electric membentuk masa depan industri infrastruktur pengisian EV, dan saya senang Oxford menjadi bagian kota pertama yang menguji teknologi perdana di dunia ini," ujar anggota dewan Oxford City, Tom Hayes.

Sementara itu, umpan balik dari pengguna menunjukkan keandalan, akses dan ketersediaan adalah faktor paling penting ketika membahas infrastruktur pengisian EV.

“Kami senang mengetahui semua penduduk - bukan hanya pengemudi EV - menyukai pemasangan hub pengisian listrik di jalan. Ini memvalidasi konsep hub pop-up sebagai terobosan dalam pengisian daya kendaraan listrik di jalan,” kata salah satu pendiri Urban Electric, Olivier Freeling-Wilkinson.

Editor : Dani Dahwilani