Krisis Chip Semikonduktor, Toyota dan Honda Kurangi Produksi Mobil mulai Oktober

Muhamad Fadli Ramadan ยท Minggu, 25 September 2022 - 07:47:00 WIB
Krisis Chip Semikonduktor, Toyota dan Honda Kurangi Produksi Mobil mulai Oktober
Toyota dan Honda akan mengurangi produksi mobil mulai Oktober 2022. (Foto: Reuters)

JAKARTA, iNews.id – Dua raksasa otomotif Jepang, Toyota dan Honda akan mengurangi produksi mobil mulai Oktober 2022. Langkah ini terpaksa diambil akibat krisis chip semikonduktor

Dikutip dari Reuters, Toyota Motor Corporation (TMC) rencananya hanya akan memproduksi 800.000 kendaraan di dunia pada Oktober. Jumlah tersebut 100.000 lebih sedikit dari rata-rata rencana produksi pada setiap bulannya.

Sementara Honda Motor Co mengatakan akan mengurangi produksi mobil hingga 40 persen pada dua pabrik di Jepang mulai awal Oktober. Ini disebabkan rantai pasokan bahan baku dan masalah logistik.

Krisis chip semikonduktor dan masalah logistik menjadi masalah serius yang menghambat dua produsen mobil terbesar tersebut sepanjang 2022 Masalah ini juga membuat Toyota dan Honda belum mencapai target produksi di seluruh dunia.

Padahal, Toyota menargetkan mencapai rekor produksi 9,7 juta unit pada tahun ini. Bulan lalu, mereka mengatakan ingin memproduksi rata-rata 900.000 kendaraan mulai September sampai November 2022.

Namun, target tersebut berkurang menjadi 850 ribu produksi rata-rata kendaraan mulai Oktober sampai Desember. Berdasarkan rencana, Toyota akan menangguhkan produksi hingga 12 hari untuk 10 lini di tujuh pabrik domestik.

“Dampak dari kekurangan semikonduktor, volume produksi global yang direncanakan untuk Oktober diperkirakan sekitar 800.000 unit (sekitar 250.000 unit di Jepang dan 550.000 unit unit di luar negeri),” ujar Toyota seperti dilansir CarExpert.

Editor : Dani M Dahwilani

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda