Mobil Pakai Roofbox Bisa Didenda Rp500.000, Ini 5 Hal Harus Diperhatikan agar Tidak Ditilang

Bertold Ananda · Rabu, 12 Januari 2022 - 08:35:00 WIB
Mobil Pakai Roofbox Bisa Didenda Rp500.000, Ini 5 Hal Harus Diperhatikan agar Tidak Ditilang
Pemasangan roofbox yang salah dianggap melanggar Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009, terkait Lalu Lintas Angkutan Jalan (UU LLAJ). (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Pemasangan kompartemen tambahan boks di atap mobil (roofbox) menjadi hal biasa terutama bagi yang suka bepergian ke luar kota membawa banyak barang atau mereka yang suka berpetualang. Namun, tahukah Anda memasang roofbox tidak sesuai dengan aturan bisa ditilang.

Pemasangan roofbox yang keliru melanggar Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009, terkait Lalu Lintas Angkutan Jalan (UU LLAJ) Pasal 50 Ayat 1 tentang larangan modifikasi kendaraan bermotor yang menyebabkan perubahan tipe.

Saat ini, banyak pemilik kendaraan yang memasang roof box selain untuk kebutuhan juga sebagai gaya modifikasi agar terlihat gagah.Namun, jika dipasang tidak sesuai aturan, Anda bisa dikenakan sanksi denda sebagaimana pasal 285 ayat 2 UU LLAJ yang berisikan Kendaraan Bermotor beroda empat atau lebih di Jalan yang tidak memenuhi persyaratan teknis sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat (3) juncto Pasal 48 ayat (2) dipidana kurungan paling lama 2 bulan atau denda paling banyak Rp500.000.

Munculnya kembali aturan pelarangan pemakaian roofbox menimbulkan beragam reaksi dari masyarakat. Sebab itu pemakaian roofbox tidak boleh asal harus memenuhi aturan. 

Berikut persyaratan pemakaian roof box agar tidak ditilang dan terkena denda Rp500.000.

1. Mobil harus memiliki roofrail 

Dalam pemasangan roofbox pada atap kendaraan pastinya harus tersedia roof rail terlebih dahulu. Ini berfungsi sebagai dudukan atau penopang roof box ketika pemasangan. 

Pastikan roofrail yang Anda gunakan aman dan kuat serta diperuntukan menahan bobot. Hati-hati dalam membelinya. Sebab saat ini banyak pabrikan atau aftermarket yang menjual roofrail hanya sebagai pemanis tampilan saja

2. Perhatian jenis-jenis roofrack

Syarat kedua yang perlu Anda penuhi yakni memperhatikan detail jenis-jenis roofrail. Umumnya di Indonesia terbagi dalam dua jenis. Pertama ada yang dipasangkan dengan cara dibor lalu kedua dengan cara menjepit pada tulangan atap. 

Cara terbaik untuk memilihnya yakni sesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan daya angkut mobil Anda. Kedua jenis roofrack memiliki kebelihan dan kekurangan masing-masing.

Editor : Dani M Dahwilani

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: