Stop Produksi Kendaraan APM Wajib Siapkan Onderdil 10 Tahun, Suzuki Masih Jual Parts Motor jadul
Dealer-dealer yang melayani pengiriman suku cadang masih berada di area Jabodetabek, Sumatera, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Bali. Namun, Suzuki dapat melakukan pengiriman ke seluruh Indonesia dengan jaminan sistem satu harga atau tidak ada perbedaan harga suku cadang dari Sabang sampai Merauke.
"Di tahun 2022, Suzuki menargetkan penjualan spareparts tumbuh 5–10 persen dibandingkan 2021," ujarnya.
terkait layanan purnajual, salah satu cara bertahan di era pandemi Covid-19 yang sudah berlangsung hampir 2 tahun adalah dengan memaksimalkan penggunaan platform digital dalam sales, marketing, dan aftersales.
"Permintaan service Suzuki meningkat ketika pandemi Covid-19. Ini karena banyakkendaraan yang lama tidak terpakai dan hendak dipakai sehingga harus melalui screening service terlebih dahulu agar tidak terjadi masalah ketika digunakan dan mesin dapat bekerja secara optimal. Selain itu, peningkatan permintaan service ini juga terjadi karena adanya kemudahan dan keamanan pelayanan melalui platform digital yang dioptimalkan Suzuki,” kata Service Asst. to Dept. Head PT SIS, Hariadi.
Dia mengungkapkan saat ini Suzuki memiliki 462 bengkel resmi yang tersebar di seluruh Indonesia. Untuk service mobil dan sepeda motor, Suzuki telah melayani 1.041.571 unit intake, terdiri atas 770.985 unit mobil di 234 bengkel dan 270.568 sepeda motor di 228 bengkel.
"Dari total unit mobil tersebut, 39 persen masuk dalam kategori perbaikan ringan, 60 persen masuk dalam kategori perbaikan menengah, dan 2 persen masuk dalam kategori perbaikan berat," ujarnya.
Editor: Dani M Dahwilani