Unik, BMW Ciptakan Suspensi Bisa Ngecas Baterai Mobil Listrik

Muhamad Fadli Ramadan ยท Minggu, 04 Desember 2022 - 06:39:00 WIB
Unik, BMW Ciptakan Suspensi Bisa Ngecas Baterai Mobil Listrik
BMW mengembangkan teknologi suspensi yang dapat ngecas alias mengisi baterai mobil listrik. (Foto: Carbuzz)

JAKARTA, iNews.id – Inovasi terus dilakukan pabrikan otomotif di dunia. Terbaru, BMW mengembangkan teknologi suspensi yang dapat ngecas alias mengisi baterai mobil listrik.

BMW menemukan cara menghasilkan energi dari jalan berlubang dan gundukan kecepatan. Teknologi pada suspensi ini dapat membantu pengendara mengisi daya baterai kendaraan listrik di jalan.

Dikutip dari CarBuzz, BMW sedang mempersiapkan paten dari teknologi terbaru tersebut. Dalam persiapan dokumen, mereka merinci desain suspensi baru untuk menghasilkan listrik dari gerakan roda vertikal dari goyangan di jalan.

Penemuan ini akan diterapkan pada salah satu model unggulan mereka mobil listrik berbasis baterai. Kabarnya, teknologi tersbut akan dipasang di model flagships seperti BMW i7.

Solusi baru BMW sebenarnya mirip sistem renegeratif seperti yang dipakai di mobil listrik saat ini. Cara kerjanya mengubah energi kinetik menjadi energi listrik dan disimpan dalam baterai.

Secara tradisional, energi roda mobil saat melewati lubang atau gundukan akan diserap oleh elemen pegas pada suspensi. Jelas ini hal yang tak biasa, karena bisa mendapatkan energi dari jalan yang tak mulus.

BMW melihat ada energi yang tersimpan di pegas suspensi dan menemukan cara memanen energi ketimbang membuangnya. Namun, desain BMW berbeda dari apa yang pernah diciptakan produsen aftermarket suspensi lainnya.

Editor : Dani M Dahwilani

Halaman : 1 2

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda