1 Karyawan Positif Corona, Toyota Periksa Seluruh Karyawan yang Pernah Kontak

Riyandy Aristyo ยท Senin, 23 Maret 2020 - 09:49 WIB
1 Karyawan Positif Corona, Toyota Periksa Seluruh Karyawan yang Pernah Kontak

Toyota Motor Corp mengumumkan seorang karyawan berusia 20 tahun positif terinfeksi virus corona (Covid-19). (Foto: Economic Times)

TOKYO, iNews.id - Toyota Motor Corp mengumumkan seorang karyawan berusia 20 tahun positif terinfeksi virus corona (Covid-19). Tak hanya itu, 11 karyawan lainnya juga tengah dalam pemeriksaan.

Dikutip dari Economic Times, Senin (23/3/2020), Presiden Toyota, Akio Toyoda mengatakan pihaknya tengah mencari dan menemukan orang-orang yang pernah kontak langsung dengan pasien tersebut.

"Sejak pertama kali kami mengetahui karyawan itu positif Covid-19, kami melakukan penyelidikan dan menemukan 11 orang lain telah melakukan kontak dekat dengannya," ujar Akio Toyoda.

Karyawan yang bekerja di pabrik Toyota City Takaoka, Prefektur Aichi, Jepang, mengalami gejala-gejala awal seperti demam dan mulai mengisolasi diri. Namun, demamnya semakin tinggi kemudian mengikuti tes virus Covid-19 dan hasilnya positif terinfeksi.

Sebagai tindakan pencegahan keselamatan, orang-orang yang sempat kontak dengan karyawan yang terinfeksi diminta untuk tinggal di rumah hingga hari ke-14 sejak tanggal kontak terakhir mereka.

Toyota juga mengambil langkah pencegahan lain seperti mendesinfeksi lokasi kerja yang terkena dampak pada 19 Maret setelah mengetahui karyawannya positif Covid-19, dan pabrik kembali beroperasi tidak lama kemudian.

"Kami dengan tulus meminta maaf atas kecemasan atau kekhawatiran yang ditimbulkan berita ini kepada orang-orang di daerah sekitarnya. Kami selanjutnya akan meningkatkan komunikasi dan pemeriksaan kesehatan dengan staf di semua lokasi," ujar Toyoda.

Toyoda berjanji Toyota akan terus memberikan informasi terbaru seiring perkembangan situasi terkait penyebaran pandemik Covid-19.

Editor : Dani Dahwilani