6 Mobil Kompak dan Irit Cocok bagi Perempuan

Dani M Dahwilani ยท Kamis, 30 April 2020 - 08:55 WIB
6 Mobil Kompak dan Irit Cocok bagi Perempuan

Kondisi jalanan Jakarta yang padat, dan terkadang mengharuskan pengemudi melewati jalan alternatif yang sempit menjadi tantangan tersendiri bagi pengemudi perempuan.

JAKARTA, iNews.id - Saat ini, semakin banyak kaum perempuan yang memilih menyetir mobil sendiri. Menggunakan mobil pribadi untuk kegiatan sehari-hari seperti bekerja, berbelanja, ataupun antar jemput anak menjadi pilihan yang realistis. Apalagi di saat kondisi pembatasan sosial terkait wabah virus corona seperti sekarang.

Kondisi jalanan Jakarta yang padat, dan terkadang mengharuskan pengemudi melewati jalan alternatif sempit menjadi tantangan tersendiri bagi pengemudi perempuan. Karena itu pemilihan jenis mobil ukuran kompak dan irit jadi opsi tepat.

Dilansir dari web Arista-Group, berikut enam mobil yang direkomendasi bagi kaum perempuan:

1. Honda Jazz

Honda Jazz telah sekian lama menjadi mobil hatchback paling popular di Indonesia. Berkat perpaduan desain yang sporty dan trendy membuat Honda Jazz sangat digemari anak muda. Selain itu, ukuran bodinya yang kompak sangat memudahkan untuk bermanuver di dalam kota terutama bagi kaum perempuan.

Di sektor dapur pacu, Honda Jazz punya performa yang terbaik di kelasnya. Berkat mesin 1.500 cc berkode L15Z1 dengan teknologi i-VTEC yang mampu menghasilkan output sebesar 120 PS pada 6600 rpm dan torsi 145 Nm pada 4800 rpm.

Meski punya performa yang paling top, namun konsumsi BBM Honda Jazz terkenal irit. Untuk rute dalam kota rata-rata konsumsinya mencapai 12,5 km/liter bahkan untuk rute luar kota bisa menembus 17,2 km/liter!

2. Toyota Yaris

Bicara Honda Jazz, rasanya sulit kalau tidak membahas pesaing terdekatnya Toyota Yaris. Mobil hatchback ini juga dinilai jadi salah satu mobil yang cocok untuk wanita.

Ground clearance rendah, desain stylish, serta kenyamanan yang ditawarkan dirasa sangat cocok untuk kaum wanita. Hatchback andalan Toyota ini mempertahankan mesin 2NR-FE 4 silinder tipe DOHC berteknologi Dual VVT-I yang memiliki kapasitas 1.496 cc.

Mesin yang diusung dikawinkan dengan dua pilihan transmisi, yaitu 5 manual percepatan atau 7 percepatan otomatis CVT. Meski berbeda transmisinya namun dipastikan bakal sanggup memberikan tenaga yang sama, yaitu 107 Ps per 6000 rpm dan torsi maksimum 14.3 Nm per 4200 rpm.

Selain itu, pada bagian permesinan yang dibawa hatchback ini pun juga dilengkapi fitur tambahan Fun to Drive, khususnya pada New Yaris TRD Sportivo pengaturan berkendara dilengkapi pilihan Sport atau ECO Mode. Sementara itu, untuk sistem suplai bahan bakar sudah menggunakan Fuel Injection yang dipastikan bakal memberikan efisiensi

3. Suzuki Baleno

Jika Anda menginginkan mobil hatchback yang nyaman, kompak, irit, dan kaya fitur dengan harga yang terjangkau maka Suzuki Baleno Hatchback adalah jawabannya. Sederet fitur khas mobil modern bisa anda temukan di Baleno Hatchback, mulai dari fitur keselamatan paket lengkap (ABS+EBS+Airbag), lampu depan LED, hingga fitur unik Multi Information Display yang super lengkap.

Urusan BBM Anda juga tak perlu pusing karena konsumsi BBMnya tergolong irit di kisaran 12-17 km/liter. Lalu bagaimana soal kepraktisan & performa? Perpaduan antara bodi yang ringkas khas hatchback dengan mesin 1.400 cc dengan tenaga maksimum sebesar 92,4 PS pada 6.000 rpm dan torsi puncak sebesar 130 Nm pada 4.200 rpm menjadikan Suzuki baleno hatchback sebagai mobil yang sempurna untuk menunjang aktivitas anda. 

4. Honda Brio

Anda mengidamkan Honda Jazz namun memiliki budget terbatas? Honda Brio adalah solusinya. Sejak diperkenalkan di Indonesia pada 2011 hingga saat ini, Honda Brio masih menjadi yang terlaris di kelasnya. Memiliki DNA Honda Jazz yang sporty dan fun to drive menjadikan Honda Brio pantas menjadi yang terfavorit.

Dimensinya yang sangat kompak, bahkan lebih kompak dari Honda Jazz membuat Brio cocok banget dijadikan mobil harian. Untuk urusan performa Honda Brio tak perlu diragukan lagi. Mesin 1.200 cc nya mampu menghasilkan tenaga maksimum hingga 90 PS dan torsi 110 Nm, tentunya tenaga tersebut lebih dari cukup untuk digunakan di dalam dan luar kota. Untuk urusan konsumsi BBM, Honda Brio juga sangat mengagumkan karena mampu mencapai 20,3 km/liter.

5. Toyota Agya

Toyota Agya dibuat sangat kompak sehingga cocok untuk perempuan. Sebagai mobil LCGC memiliki tingkat efisiensi bahan bakar sangat irit. Toyota mengklaim bahwa jarak tempuh rata-rata Toyota Agya mencapai 21 kmpl, dimana angka konsumsi bahan bakar ini tidak mengikat dan dapat berubah tergantung bagaimana anda berkendara. Dengan tingkat efisiensi bahan bakar yang tinggi, tenaga yang dihasilkan pun tetap maksimal.

Kendaraan kota ini dipersenjatai dengan mesin bensin 3 silinder 12 Katup DOHC. Mesin 1-liter dapat menghasilkan tenaga maksimum sebesar 65,3 PS pada 6000 rpm. Mesin Toyota Agya memproduksi torsi awal maksimum hingga 88 kgm (86 Nm) pada putaran 3600 rpm. Adapun mesin Dual VVT-I 1.2 L terpasang dengan apik di Toyota Agya tipe 1.2 TRD dan 1.2G

6. Suzuki Ignis

Mobil rekomendasi terakhir yang paling unik. Meskipun berkategori hatchback namun punya perpaduan gaya desain khas SUV crossover gagah dengan ground clearance setinggi 180 mm dipadukan dengan sentuhan retro pada sejumlah sisi. Suzuki Ignis ini punya ukuran yang paling kompak di antara kompetitornya namun punya kepraktisan yang cukup baik.

Untuk urusan jantung pacu Suzuki Ignis mengandalkan mesin 1200cc bertenaga maksimum 82 PS dan torsi maksimum 113 Nm. Konsumsi BBM Ignis tentunya tak perlu diragukan lagi karena mampu menembus angka 23 km/liter! Nah bagi anda yang butuh kendaraan kompak, unik, irit namun punya daya jelajah yang lumayan tinggi dengan harga yang terjangkau Suzuki Ignis bisa jadi pilihan alternatif.

Editor : Dani Dahwilani