6 PO Bus Legendaris di Jawa Timur, Ada yang Sudah Beranak Pinak dengan Banyak Nama

Tangguh Yudha ยท Jumat, 24 Juni 2022 - 00:12:00 WIB
6 PO Bus Legendaris di Jawa Timur, Ada yang Sudah Beranak Pinak dengan Banyak Nama
Ada banyak perusahaan otobus (PO) legendaris yang lahir dari daerah Jawa Timur, bertahan sampai sekarang. (Foto: Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Ada banyak perusahaan otobus (PO) yang lahir dari daerah Jawa Timur. Mereka di antaranya memiliki nama besar dan begitu melegenda hingga saat ini.

Masing-masing PO bus di Jawa Timur punya ciri khas masing-masing. Lalu, PO bus legendaris apa saja yang berasal dari Jawa Timur? 

Dilansir dari berbagai sumber, Kamis (23/6/2/22), berikut deretannya. 

1. PO AKAS

Perusahaan otobus legendaris pertama di Jawa Timur yang sampai saat ini masih beroperasi adalah PO AKAS. Singkatan dari apa AKAS ini? 

Nama AKAS kependekan dari “Ali Karman Amat Saudara”. Nama tersebut diambil dari sang pendiri, yaitu H Karman Amat. 

AKAS Group berdiri di Probolinggo pada 1956. Saat ini, PO Akas berkantor pusat di daerah Jawa Timur, tepatnya berada di Jalan S Parman No 4, Waru, Sidoarjo.

AKAS kini beranak pinak. Saat dikelola generasi selanjutnya di 1976, pengelolaan armada AKAS Group terbagi menjadi empat, yaitu PO AKAS I, PO AKAS II, PO AKAS III, PO AKAS IV. PO AKAS I dipimpin Harsono, PO AKAS II dipimpin Tingok, PO AKAS III dipimpin Ali suami dari Ibu Sunarni, dan PO AKAS IV Eddy Hariadi. Trayeknya berbeda-beda. Selain itu, ada AKAS Green. 

2. Kalisari

PO bus legendaris asal Jawa Timur lainnya adalah Kalisari. PO bus yang satu ini sudah berkiprah sejak 1960-an. Saat ini PO Kalisari dikenal dengan bus pariwisata dan antarkota jurusan Surabaya-Malang.

PO ini merupakan salah satu yang mempelopori pelayanan perjalanan darat untuk rute Magelang menuju Surabaya.

Editor : Dani M Dahwilani

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda