8 PO Bus dengan Penggemar Terbanyak di Sosial Media
JAKARTA, iNews.id - Ada sejumlah PO bus dengan penggemar terbanyak di sosial media. Di Indonesia, pencinta bus biasanya tergabung dalam komunitas yang disebut Bismania Community.
Seperti halnya penggemar klub sepak bola, pencinta bus juga memiliki PO bus andalan mereka yang memiliki ciri khas tersendiri.
Media sosial menjadi sarana yang memudahkan pencinta bus untuk berinteraksi satu sama lain. Facebook adalah salah satu media sosial yang menjadi tempat berkumpul dan berbagi informasi bagi para pecinta bus.
PO Harapan Jaya yang berkantor pusat di Tulungagung, Jawa Timur, telah menjadi salah satu perusahaan otobus (PO) yang memiliki basis penggemar yang luas.
Jika melihat halaman penggemar di media sosial, PO ini memiliki 92.000 anggota yang tergabung dalam komunitas Harjay Mania.
Selain itu, akun resmi PO Harapan Jaya memiliki 7.400 pengikut.
Dikenal dengan antusiasme yang tinggi, penggemar dan penumpang PO Harapan Jaya sangat setia. Bukan hanya berasal dari Tulungagung, namun juga dari berbagai daerah di seluruh Indonesia.
PO Gunung Harta juga memiliki basis penggemar yang besar. Diketahui bahwa PO yang dikenal sebagai dominator di jalur Malang ini memiliki lebih dari 95.000 penggemar yang biasa disebut sebagai Gunung Harta Lovers.
Salah satu alasan mengapa Gunung Harta begitu dicintai adalah karena armada bus mereka menggunakan sasis premium. Selain itu, akun resmi PO Gunung Harta memiliki 10.000 pengikut.
Primajasa merupakan perusahaan otobus yang menjadi bagian dari Mayasari Group. PO bus ini terkenal sebagai penguasa jalan dengan jumlah anggota di grup media sosial Facebook mencapai lebih dari 115.000 orang.
Primajasa dikenal dengan armada bus reguler yang melayani trayek antarkota dan antarprovinsi, terutama menuju Jawa Barat dan Banten.
PO Sudiro Tungga Jaya, atau dikenal dengan STJ, memiliki banyak penggemar di Facebook.
Meskipun usianya masih muda, dengan jumlah anggota lebih dari 154.000 orang, ini adalah pencapaian yang signifikan.
PO Bus Sinar Jaya memiliki banyak pengikut setia di media sosial, yang menjadikannya salah satu operator bus yang populer.
Hal ini disebabkan oleh jumlah armada yang besar. PO yang berbasis di Bekasi, Jawa Barat ini memiliki ribuan bus dan memiliki kelompok penggemar bernama Sinar Jaya Mania Group dengan jumlah anggota 152.600.
Tidak hanya PO dari Pulau Jawa yang memiliki banyak penggemar. PO asal Padang, Sumatera Barat, yaitu NPM (Naiklah Perusahaan Minang), juga memiliki basis penggemar yang kuat.
Dengan lebih dari 138.000 anggota NPM Mania, sebutan bagi para pecinta PO NPM.
PO ALS asal Medan juga memiliki jumlah penggemar yang besar di Facebook, dengan lebih dari 142.000 anggota grup ALS Mania.
ALS dikenal sebagai perusahaan otobus yang memiliki trayek terjauh di Indonesia, yaitu Medan - Jember.
Selanjutnya ada PO bus Haryanto. Operator bus ini memiliki basis penggemar terbesar di Indonesia, hampir mencapai 200.000 anggota.
Sejak didirikan pada tahun 2018, komunitas penggemar dengan nama Haryanto Mania tetap aktif hingga saat ini.
Selain beraktivitas di media sosial, pemilik perusahaan Haryanto sering mengundang Haryanto Mania untuk acara bersilaturahmi yang memperkuat fanbase PO bus ini.
Nah, itulah delapan PO bus dengan penggemar terbanyak di sosial media.
Editor: Komaruddin Bagja