Dapat Penyegaran, Tenaga Toyota GR Supra Disuntik Lebih Garang

Dani M Dahwilani ยท Selasa, 22 September 2020 - 18:07 WIB
Dapat Penyegaran, Tenaga Toyota GR Supra Disuntik Lebih Garang

Setelah 1 tahun mengaspal di Indonesia, Toyota memberikan penyegaran pada GR Supra terbaru menjadi jauh lebih bertenaga. (Foto: Toyota)

JAKARTA, iNews.id – Setelah 1 tahun mengaspal di Indonesia, PT Toyota-Astra Motor (TAM) memberikan penyegaran pada GR Supra terbaru menjadi jauh lebih bertenaga. Sportcar legendaris ini kembali dikembangkan dalam balutan excitement untuk memberikan sensasi berkendara menyenangkan (pure driving pleasure) baik di lintasan pacu maupun jalan raya.

“Sejak kami perkenalkan tahun lalu, kami bersyukur GR Supra mendapatkan antusiasme sangat besar dari masyarakat Indonesia. Melalui New GR Supra ini, kami ingin menegaskan komitmen untuk senantiasa improvement dalam menghadirkan produk-produk terbaik melebihi ekspektasi," ujar Vice President Director PT TAM, Henry Tanoto dalam keterangan tertulisnya, Selasa (22/9/2020).

Dalam pengembangannya, New GR Supra dibekali mesin 3.000 cc 6–silinder segaris yang mampu menghasilkan tenaga maksimal lebih besar dari 340 PS menjadi 387 PS. Tenaga maksimal ini dapat dicapai pada putaran mesin 5.800–6.500 RPM dengan torsi maksimal sekitar 500 Nm pada putaran mesin 1.800-5.000 RPM.

Pada ruang mesin New GR Supra, terdapat ubahan berupa penambahan strut brace yang tidak hanya mampu membuat cengkraman ban jadi lebih kuat, tapi meningkatkan kestabilan New GR Supra saat dipacu dalam kecepatan tinggi dan saat melewati tikungan.

Tampilan yang kian sporty juga tergambar dari penambahan logo Supra pada kaliper merah rem depan yang ikut menambah nilai estetika New GR Supra bagi penggunanya. Sementara ruang kabin kini didominasi warna hitam, terdapat penambahan fitur wireless charger yang membuat GR Supra tidak hanya sporty dan bertenga, namun memiliki teknologi advance.

Khusus untuk varian Special Edition, New GR Supra dilengkapi beberapa ubahan yang sangat menguatkan imej sportcar dengan warna eksterior Horizon Blue, 19” sporty alloy wheel design dengan warna Matte Black, dan kursi yang dibalut dengan Black Alcantara with Blue Stitching dan Blue Perforation Underlay.

GR Supra adalah Generasi V. Di mana generasi pertama diluncurkan pada 1978. Setelah sempat vakum selama 17 tahun, yaitu sejak Toyota menghentikan produksi Generasi Supra ke IV pada 2002, Toyota kembali memperkenalkan GR Supra generasi terbaru pada Januari 2019 dalam ajang North American International Auto Show di Detroit, Amerika Serikat (AS).

Dalam waktu tidak terlalu lama, penggemar sports car di Indonesia juga sudah bisa ikut merasakan performa GR Supra yang diperkenalkan secara resmi pada ajang pameran GIIAS 2019. Bahkan satu tahun setelahnya, kini pelanggan dapat langsung mencicipi New GR Supra yang lebih bertenaga di Indonesia.

“Toyota berupaya secepatnya bisa membawa New GR Supra ke Indonesia, sebagai bukti komitmen kami menghadirkan kendaraan terbaik untuk konsumen di semua segmen. New GR Supra adalah persembahan terbaik dari Toyota untuk pengemar sports car di mana pun berada, termasuk Indonesia. Dari 12 unit yang dialokasikan untuk Indonesia, semuanya sudah habis terjual,” kata Marketing Director PT TAM, Anton Jimmi Suwandy.

GR Supra dikembangkan oleh tim teknisi Gazoo Racing (GR)melalui serangkaian uji coba yang panjang, baik di jalan raya maupun sirkuit. Bahkan, meski masih dalam bentuk prototipe, mobil ini turut diikutsertakan dalam lomba ketahanan mobil di lintasan sirkuit Nurburgring, Jerman, untuk menemukan komposisi dan kunci terbaik sportcar sejati dengan tetap memberikan kenyamanan berkendara saat digunakan sehari-hari.

GR Supra tampil dengan wheelbase 2.470 mm agar titik pusat gravitasinya mampu memberikan kestabilan, terutama saat menikung. Lebih lanjut, distribusi berat kendaraan dibuat seimbang yaitu 50:50 antara bagian depan dengan belakang. Ini menjadi elemen penting untuk menjaga performa GR Supra agar tidak limbung saat melintasi tikungan.

Guna lebih memperkuat driveability, gardan GR Supra dilengkapi teknologi Limited Slip Diffrential (LSD) yang dikontrol secara elektronik. Fitur ini mampu membuat mobil ini meluncur mulus saat di tikungan, dan bisa segera dipacu begitu berada pada track lurus.

Editor : Dani Dahwilani