Kasus Anak Tewas Terkunci dalam Mobil, Ini 4 Hal Harus Diperhatikan Sebelum Meninggalkan Kendaraan

Dani M Dahwilani · Sabtu, 01 Mei 2021 - 06:05:00 WIB
Kasus Anak Tewas Terkunci dalam Mobil, Ini 4 Hal Harus Diperhatikan Sebelum Meninggalkan Kendaraan
Kasus anak tewas terkunci dalam mobil menjadi peringatan bagi pemilik kendaraan agar selalu memeriksa kondisi sekitar sebelum mengunci dan meninggalkan kendaraan. (Foto: ratemds) 

JAKARTA, iNews.id – Kasus anak tewas terkunci dalam mobil kerap terjadi. Kebanyakan karena kalalaian orang sekitar atau keluarga saat memarkirkan kendaraan. 

Terbaru, menimpa bocah perempuan berusia 3 tahun tewas di Johor, Malaysia. Nenek bocah itu tak sadar telah meninggalkan cucunya di dalam mobil dengan kondisi mesin mati. 

Nenek korban yang berusia 59 tahun mematikan mesin dan mengunci pintu mobil. Namun, dia tidak sadar cucunya masih di dalam mobil yang terparkir di garasi. 

Setelah beberapa jam sang nenek baru menyadari cucunya masih berada di dalam mobil. Dia berlari ke garasi, dan menemukan korban sudah tergeletak tak berdaya. Dokter memastikan kematiannya karena tidak bisa bernapas karena terjebak dalam mobil. 

Kasus ini diselidiki kepolisian. Atas kelalaiannya sang nenek terancam hukuman penjara hingga 20 tahun atau denda hingga 50.000 ringgit (Rp175 juta). 

Belajar dari kasus tersebut ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat Anda memarkirkan mobil atau sepulang bepergian bersama keluarga. 

1. Periksa Mobil 

Saat memarkirkan mobil biasakan memeriksa kondisi di dalam mobil dan lingkungan sekitar sebelum mengunci pintu atau meninggalkan kendaraan. Siapa tahu ada keluarga Anda atau penumpang yang tertidur dalam mobil. 

Untuk beberapa mobil premium ada fitur canggih seperti Rear Occupant Alert (ROA). Teknologi tersebut dapat mendeteksi ada pergerakan di dalam mobil dan memberi peringatan kepada pengemudi saat keluar dari mobil, serta memberitahukan masih ada penumpang di belakang.   

Editor : Dani M Dahwilani

Halaman : 1 2