Ketahuan Bakar 2 Mobil Polisi, Perempuan Terapis Panti Pijat Ditangkap

Dani M Dahwilani ยท Minggu, 21 Juni 2020 - 08:24 WIB
Ketahuan Bakar 2 Mobil Polisi, Perempuan Terapis Panti Pijat Ditangkap

Perempuan terapis panti pijat Lore-Elisabeth Blumenthal (33) dituntut 10 tahun atas kasus pembakaran dua mobil polisi saat unjuk rasa George Floyd. (Foto: Carcsoops/McSwain)

PHILADELPHIA, iNews.id - Protes kematian George Floyd telah pecah di seluruh Amerika Serikat (AS). Beberapa di antaranya mengakibatkan penjarahan dan penghancuran mobil, termasuk milik polisi.

Seperti yang terjadi di Philadelphia, AS, Jaksa Agung William McSwain menuduh Lore-Elisabeth Blumenthal, perempuan berusia 33 tahun atas kasus pembakaran dua mobil polisi saat unjuk rasa.

Menurut Kantor Kejaksaan Distrik Timur Pennsylvania, mobil Kepolisian Philadelphia diparkir di dekat Balai Kota dan keduanya dibakar. “Dari berbagai video yang diambil di tempat kejadian menangkap terdakwa mengenakan kacamata pelindung dan sarung tangan, mengambil sepotong kayu barikade polisi dari jendela belakang sedan PPD (mobil polisi) yang sudah terbakar, dan kemudian mendorong kayu yang terbakar ke dalam SUV PPD yang tidak terbakar."

Mungkin hal yang paling menarik tentang kasus ini adalah bagaimana Blumenthal tertangkap. Dilaporkan NBC Philadelphia, Agen Khusus FBI Joseph Carpenter melihat foto kejadian di Instagram dan bertanya kepada pengunggah apakah mereka punya foto lagi. Mereka tampaknya merespons dan memberikan gambar yang menunjukkan tato tanda perdamaian di lengan pelaku pembakaran.

Fotografer lain memberi FBI sekitar 500 foto protes dan beberapa diduga menunjukkan Blumenthal tanpa masker wajah dan mengenakan t-shirt bertuliskan "Jaga imigran, deportasi para rasis."

Kemeja itu dijual oleh seseorang di Etsy dan FBI menemukan ulasan bintang lima dari seseorang di Philadelphia. Nama pengguna adalah "alleycatlore" dan FBI mulai mencarinya di tempat lain secara online.

Ini membawa mereka ke pengguna Poshmark dengan nama "lore-elisabeth," dan akhirnya menuju halaman LinkedIn untuk "Lore Elisabeth."

Dia terdaftar bekerja sebagai terapis pijat dan pencarian situs web menunjukkan video yang menampilkan seseorang dengan tato tanda perdamaian.

Situs web itu juga mencantumkan nomor teleponnya, yang digunakan FBI untuk mendapatkan alamat dan foto Blumenthal dari Pennsylvania DMV. Mereka kemudian mengkonfirmasi kecurigaan dengan memanggil penjual Etsy untuk orang-orang yang membeli t-shirt, dan tidak mengejutkan, informasi Blumenthal muncul.

Disebutkan, dia kini menghadapi tuntutan 10 tahun penjara dan denda hingga 250.000 dolar AS. Namun, pemerintah mengatakan itu sebenarnya "hukuman maksimum, mungkin yang ditetapkan delapan tahun penjara diikuti masa pembebasan tiga tahun yang diawasi, dan denda hingga 500.000 dolar AS.

Pengacara AS McSwain mengatakan pihaknya mendukung pesan amandemen unjuk rasa, tetapi membakar mobil polisi tidak ada hubungannya dengan protes damai atau pesan yang sah. Dalam Twitter dia menyebutkan, sangat ironis mengidentifikasi dugaan pelaku pembakaran ini dengan tato tanda perdamaian.

Editor : Dani Dahwilani