Orang Jepang Bingung Kijang Innova Itu MPV atau SUV, Ini Selera Indonesia

Dani M Dahwilani ยท Minggu, 17 Mei 2020 - 15:37 WIB
Orang Jepang Bingung Kijang Innova Itu MPV atau SUV, Ini Selera Indonesia

Di balik sosoknya yang melegenda kehadiran Toyota Innova sempat membuat bingung pelaku otomotif di negara lain. (Foto: Toyota)

JAKARTA, iNews.id - Kijang Innova merupakan mobil medium multi purpose vehicle (MPV) terlaris dalam sejarah Indonesia. Kendaraan ini hadir memenuhi kebutuhan pasar Indonesia.

Namun, di balik sosoknya yang melegenda kehadiran Toyota Innova sempat membuat bingung pelaku otomotif di negara lain. Mereka mempertanyakan mobil ini masuk MPV atau SUV?

Hal tersebut menjadi cerita menarik saat membahas MPV dan SUV dalam video conference bersama Direktur Marketing PT Toyota-Astra Motor (TAM) Anton Jummi Suwandy dengan Forum Wartawan Otomotif (Forwot), baru-baru ini.

"Sebenarnya kalau kita katakan desain ini memang relatif ya, saya pernah ingat diskusi dengan teman-teman (orang Jepang) di Jepang, mereka kalau lihat desain Kijang Innova itu pada bingung sebenarnya ini mobil apa," ujarnya

"Karena di Toyota kalau saya pernah ngobrol dengan Chief Engineering MPV Toyota, di seluruh dunia yang namanya MPV itu model biasanya kayak Alparhd, Voxy, bentuknya gede-gede, sliding door dan mengotak. Tapi, Innova ini sebenarnya MPV atau Crossover atau apa gitu," kata Anton.

Dia menuturkan disebut MPV di Indonesia sebenarnya tidak murni MPV. Ini model MPV yang disesuaikan dengan kebutuhan orang Indonesia.

"Maunya (pasar) MPV tapi modelnya juga jangan terlalu kotak, kecuali di segmen medium high dan luxury. Di mana model kotak ini diterima pasar, jadi memang agak berbeda," ujar Anton.

Perjalanan Kijang

Melansir Wikipedia, selama lebih dari 40 tahun Toyota Kijang terus bermetamorfosa memenuhi keinginan konsumen dan perkembangan teknologi. Kijang dengan singkatan 'Kerja Sama Indonesia Jepang' adalah model kendaraan niaga yang kemudian bertransformasi menjadi mobil keluarga.

Kini, kendaraan tersebut menjadi mobil paling populer di kelas minibus atau multi purpose vehicle (MPV) di Indonesia. Kesuksesan mobil ini menginspirasi kendaraan lain meniru konsep Toyota Kijang, terutama dari segi nama hewan, seperti Isuzu Panther dan Mitsubishi Kuda serta Daihatsu Zebra. 

Editor : Dani Dahwilani

Halaman : 1 2 3 4 Tampilkan Semua