Menjaga Emosi saat Berkendara, Ini yang Perlu Anda Lakukan

Riyandy Aristyo ยท Sabtu, 20 Juni 2020 - 07:15 WIB
Menjaga Emosi saat Berkendara, Ini yang Perlu Anda Lakukan

Mengendalikan emosi saat mengemudi sangat penting agar tetap bisa menjalankan protokol kesehatan dengan baik dan terhindar dari kecelakaan. (Foto: Auto2000)

JAKARTA, iNews.id - Lama tak mengemudi mobil akibat pembatasan sosial dapat menjadi pemicu stres di jalan. Kondisi baru seperti New Normal menjadi tantangan tersendiri apalagi bagi masyarakat dengan mobilitas tinggi.

"Mengendalikan emosi saat mengemudi itu penting agar tetap bisa menjalankan protokol kesehatan dengan baik dan terhindar dari kecelakaan," ujar Aftersales Division Head Auto2000, Ricky Martawijaya dalam keterangan persnya kepada iNews.id, baru-baru ini.

Untuk itu, dia membagikan tips mengelola emosi saat berkendara di New Normal, sebagai berikut.

1. Patuhi Protokol Kesehatan

Kebiasaan patuh menjalankan protokol kesehatan dapat membuat diri merasa tenang dan terlindungi, sehingga tidak mudah terpancing emosi. Hindari mencopot pasang masker saat mengemudi karena dapat membuat konsentrasi buyar dan tangan sibuk dapat membuat lepas kendali setir.

2. Fokus pada Mengemudi

Jangan mengalihkan perhatian ke hal lain seperti bermain ponsel atau mengobrol dengan penumpang lain. Kerjakan hal tersebut di waktu luang sehingga tidak mengganggu aktivitas mengemudi.

3. Manjakan Diri di Mobil

Ubahlah kabin mobil menjadi sebuah ruang keluarga menyenangkan. Jaga kebersihan mobil dan pastikan AC dingin. Tambahkan pengharum kabin mobil agar suasana terasa lebih rileks ketika mengemudi.

4. Siapkan Playlist Lagu Favorit

Musik bisa menyebarkan aura rileks saat mengemudi sehingga tidak mudah terpancing emosi. Siapkan playlist lagu kegemaran dan simpan dalam format mp3 di flashdisk. Bisa juga memanfaatkan aplikasi pemutar lagu di ponsel dan menghubungkan dengan fasilitas Bluetooth di sistem audio mobil.

5. Patuhi Aturan Lalu-lintas

Mematuhi aturan lalu lintas, tidak ada rasa bersalah yang mengendap di hati sehingga merasa lebih tenang ketika mengemudi mobil.

6. Jangan Terpancing Emosi

Kalau ada pengemudi lain yang memancing amarah, coba tarik napas dalam-dalam dan buang lewat mulut secara perlahan. Lakukan sebanyak 3 kali sampai merasa tenang dan sanggup menahan diri untuk tidak melakukan tindakan berbahaya.

Orang yang emosinya sedang tinggi cenderung melakukan kesalahan seperti menyenggol mobil lain yang tidak terlibat masalah.

7. Jaga Kondisi Kendaraan

Mobil yang tidak dalam kondisi optimal, seperti AC mati atau laju mobil tersendat-sendat bisa memancing emosi di jalan. Periksa semua komponen tersebut di bengkel kepercayaan.

Editor : Dani Dahwilani