Mobil Buatan Indonesia Asli, Sedih Banyak yang Gugur Sebelum Berkembang
JAKARTA, iNews.id - Bicara mobil buatan Indonesia asli, sejarah mencatat industri otomotif Tanah Air sempat menjadi tuan rumah di negeri sendiri. Ini terjadi 20 tahun silam.
Era keemasan mobil nasional terjadi pada 1990-an. Indonesia saat itu berhasil memproduksi dan memasarkan mobil sendiri yang kualitasnya tidak kalah dari negara lain.
Ini jauh sebelum Esemka menjadi buah bibir. Namun, mobil tersebut banyak gugur sebelum berkembang.
Siapa sajakah itu? Dirangkum iNews.id dari berbagai sumber berikut deretan mobil buatan Indonesia asli:
1. Morina (1976)
Indonesia mencoba merakit mobil buatan dalam negeri bernama Morina. Mobil ini kependekan dari Mobil Rakyat Indonesia. Sejumlah komponennya, seperti bodi, sasis, aki, dan ban sudah dibuat dalam negeri. Morina gagal lantaran mesinnya tidak cocok untuk pekerjaan berat, cuaca tropis, dan panas.
2. Maleo 1993
Maleo diciptakan berkat kerja sama pabrikan asal Inggris, Rover dan Millard Design dari Australia. Mobil ini dirancang secara utuh oleh Menristek pada 1993, yakni BJ Habibie. Setidaknya ada 11 rancangan mobil hingga 1997. Sayang, proyek ini terbengkalai setelah Presiden Soeharto lengser.
3. MR 90 (1994)
MR 90 atau kependekan dari Mobil Rakyat era 90-an. Ini merupakan proyek nasionalisasi pengembangan dari varian Mazda 323 Hatchback. Pembangunannya dimulai pada 1994 oleh PT Indomobil sebagai importir umum merek dagang Mazda di Indonesia.