Modifikasi, Begini Cara Memilih Pelek Mobil yang Benar

Dani M Dahwilani ยท Senin, 02 Desember 2019 - 09:15 WIB
Modifikasi, Begini Cara Memilih Pelek Mobil yang Benar

Dalam modifikasi pelek mobil yang perlu diperhatikan adalah bagaimana mobil itu tidak hanya enak dipandang, tapi nyaman dan aman dikendarai. (Foto: iNews.id)

JAKARTA, iNews.id - Memodifikasi mobil menjadi kepuasan tersendiri bagi pemilik kendaraan. Salah satu sektor yang paling mendapat banyak ubahan adalah bagian pelek (velg).

Bagaimana memilih pelek mobil yang benar? Praktisi modifikasi Ryan Melano mengemukakan, dalam modifikasi mobil yang perlu diperhatikan adalah bagaimana mobil itu tidak hanya enak dipandang, tapi nyaman dan aman dikendarai.

"Poin ini dulu yang harus diperhatikan. Dari situ kita bisa memilih pelek sesuai dengan konsep dan kebutuhan," ujarnya, saat berbincang dengan iNews.id di ajang modifikasi Intersport Auto Show 2019.

Ryan menuturkan, saat memilih pelek gunakan produk asli, bukan replika. Ini penting terkait dengan garansi keamanan.

Baca juga:

Deretan Pemenang Grand Final Kontes Modifikasi Intersport Auto Show 2019

Rusia Bikin Mobil Listrik Termurah, Harganya di Bawah Rp100 Juta

"Dari segi bentuk secara kasat mata memang terlihat keren. Namun, dari sisi kekuatan biasanya bahan replika kualitasnya tidak sebagus asli. Jangan sampai kendaraan disetel kencang ternyata di jalan pelek patah, ini berbahaya bisa menimbulkan kecelakaan," kata salah satu juri babak grand final Intersport Auto Show 2019 ini.

Dia menyebutkan, selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah ukuran dan cara pemasangan. Ini karena ukuran pelek akan memengaruhi visibilitas, efisiensi dan performa kendaraan.

"Untuk memasang pelek mau besar atau kecil tidak masalah. Namun, saat pemasangan ada beberapa part yang harus disesuaikan. Untuk pelek kecil perhatikan bagian rem. Untuk pelek besar perhatikan tingkat kemiringannya. Dan, perlu diingat pula saat memasang pelek jangan sampai terbalik," kata Ryan.

Menurut Ryan, pemasangan pelek yang tepat menjadi aspek penting yang memengaruhi kendaraan itu proper atau tidak. Untuk di kontes modifikasi, bagian sektor kaki-kaki ini memiliki pengaruh besar dalam penilaian.


Editor : Dani Dahwilani