Get iNews App with new looks!
inews
Advertisement
Aa Text
Share:
Read Next : Detik-Detik Kecelakaan Pajero Tabrak Motor di Rawamangun, 2 Orang Tewas di TKP
Advertisement . Scroll to see content

Nama Sama, Mitsubishi Pajero dan Pajero Sport Ternyata Produk Berbeda

Minggu, 02 Agustus 2020 - 07:05:00 WIB
Nama Sama, Mitsubishi Pajero dan Pajero Sport Ternyata Produk Berbeda
Meski berbagi DNA Mitsubisihi Pajero dan Pajero Sport adalah dua model dengan spesifikasi dan segmen berbeda. (Foto: Which Car/4×4/Mitsubishi)
Advertisement . Scroll to see content

Generasi Pertama (1982)

Hasilnya adalah lahir mobil penggerak 4WD berfitur lengkap Pajero (nama lain Montero, Shogun) yang padat dengan kekhasan Mitsubishi. Pajero generasi pertama, mendapatkan penerimaan yang baik saat ditampilkan sebagai mobil konsep di Tokyo Motor Show 1979 pada 1982 varian berbahan logam dan kanvas bodi pendek 3-pintu dihadirkan ke pasar. Kemudian varian dengan bodi panjang ditambahkan pada Juli 1983.

Lini tersebut diikuti model transmisi otomatis pada 1985, sedangkan bensin V6 dan mesin dieselturbo intercooled ditambahkan pada 1988. Basis disempurnakan dengan mengganti suspensi belakang tipe daun dengan tipe 3-link berpengaturan kumparan untuk memberikan polesan lebih pada karakteristik khas Pajero dan memberikan pengendalian layaknya mobil penumpang.

Pajero memenangkan kelas “Unmodified 4WD Production” di reli Paris-Dakar yang dikenal sebagai ajang motorsport terberat di dunia. Pada percobaan pertamanya di tahun 1983. Pajero memenangkan “The First Overall Victory” pada 1985 dan meraih kemenangan 12 kali setelahnya.

Generasi Kedua (1991)

Generasi kedua Mitsubishi Pajero diluncurkan pada Januari 1991 setelah perubahan model penuh dalam sembilan tahun. Pajero generasi pertama telah menikmati kepopuleran yang luas baik di Jepang maupun pasar lain sebagai kendaraan 4WD berfitur lengkap dengan performa di semua medan dan juga mengintegrasikan fitur yang cocok untuk penggunaan perkotaan khas sebuah mobil penumpang.

Pajero ditawarkan dalam empat tipe bodi, yakni atap logam, atap tengah, atap kick-up dan J-top, untuk mengakomodasi beragam kebutuhan pengguna dan memberikan peningkatan signifikan dalam kinerja, kenyamanan dan keamanan. Mobil ini dilengkapi mesin 3.0L V6 dan 2.5L intercooled diesel turbo yang dikawinkan dengan transmisi manual 5-percepatan atau transmisi otomatis percepatan.

Dalam komponen fungsional, PAJERO melihat pengenalan fitur Super Select 4WD pertama di dunia yang memberikan manfaat 4WD penuh dan paruh waktu yang memungkinkan pengemudi untuk beralih antara mode 2WD dan 4WD saat beraktivitas. dengan kecepatan di bawah 100 km/jam. Sistem ini bergabung dengan Multi-mode ABS yang merespon semua mode 4WD Super Select.

Pada Juli 1993, mesin 3.5L V6 dan 2.8L intercooled dieselturbo baru ditambahkan kedalam lini. Pada Mei 1997, model “Pajero Wide” dilengkapi dengan lengkungan roda dan mesin baru efisiensi tinggi 3.5L V6 GDI bergabung kedalam lini.

Pada September 1997, perusahaan memperkenalkan “Pajero Evolution” sebagai tanggapan terhadap perubahan persyaratan masuk reli Paris-Dakar. Didukung mesin 3.5L V6 GDI MIVEC berperforma tinggi dengan bodi yang lebih solid namun ringan. Model ini lebih lebar dengan penggunaan over fender dan suspensi serba independen. Pajero Evolution menggabungkan kemampuan di semua medan dengan kenyamanan di jalan.

Generasi Ketiga (1999)

Dalam perubahan model penuh, Pajero mengalami perubahan evolusi yang signifikan saat bermetamorfosis menjadi manifestasi generasi ketiga pada September 1999. Perubahan besar termasuk penggantian konstruksi rangka dan bodi yang sebelumnya terpisah dengan konstruksi monocoque sangat kuat, di mana rangka merupakan bagian integral bagian dari cangkang bodi. Panjang keseluruhan, lebar dan jarak sumbu roda juga bertambah.

Penurunan berat dan peningkatan kekakuan menghasilkan kendali dan stabilitas yang sangat baik serta kenyamanan berkendara. 3.5L V6 GDI dan mesin disel baru 3.2L Di-D diesel direct-injection ditambahkan ke dalam lini, memberikan daya keluaran tinggi, menghasilkan torsi tinggi, serta mengembalikan konsumsi bahan bakar yang sangat baik.

Sistem Super Select 4WD, yang menggabungkan manfaat dari 4WD paruh waktu dan penuh, telah berevolusi menjadi SS4-II dengan drive mode selector elektrik untuk membawa peningkatan besar dalam nuansa operasional. Suspensi serba independen dengan double-wishbone koil di depan dan dengan pengaturan multi-link di belakang dan bekerja bersama dengan wheelbase dan stroke suspensi yang lebih panjang membawa peningkatan signifikan dalam stabilitas di kecepatan tinggi juga keunggulan performa Pajero di semua medan.

Follow WhatsApp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut