Pemerintah Akan Subsidi Konversi Kendaraan Bahan Bakar Minyak Jadi Mesin Listrik, Intip Besarannya

Muhamad Fadli Ramadan ยท Selasa, 20 September 2022 - 21:32:00 WIB
Pemerintah Akan Subsidi Konversi Kendaraan Bahan Bakar Minyak Jadi Mesin Listrik, Intip Besarannya
Pemerintah akan memberikan subsidi konversi mobil konvensional berbahan bakar fosil menjadi bermesin listrik. (Foto: Dok iNews.id)

JAKARTA, iNews.id – Tak hanya kendaraan listrik baru, pemerintah juga akan memberikan subsidi konversi mobil konvensional berbahan bakar fosil menjadi bermesin listrik. Hal tersebut disampaikan Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Langkah tersebut diambil untuk mempercepat proses transisi. Sebagai upaya percepatan, Kemenhub menerbitkan sejumlah regulasi mengenai konversi kendaraan BBM ke listrik. 

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan proses konversi kendaraan BBM ke listrik masih memerlukan biaya tinggi, sebab itu pemerintaj akan berupaya memberikan subsidi.

“Kami bersama Kementerian/Lembaga dan unsur terkait, tengah berdiskusi mengupayakan subsidi untuk melakukan konversi dari kendaraan BBM ke listrik. Khususnya untuk sepeda motor,” ujar Menhub Budi Karya alam web resmi Kemenhub dilansir Selasa (17/9/2022).

Menhub menjelaskan subsidi biaya konversi dapat dilakukan dari pengalihan alokasi anggaran subsidi BBM. Untuk itu, dia meminta pemerintah daerah ikut mendukung program pemerintah pusat dalam percepatan proses transisi.

“Dari pemerintah daerah juga bisa menginisiasi mengalihkan anggaran yang kurang produktif, agar dialihkan untuk memberikan subsidi biaya konversi ke kendaraan listrik,” ujar Menhub.

Saat ini, biaya untuk melakukan konversi sepeda motor BBM ke listrik berada di kisaran Rp15 juta. Tetapi, biayanya akan semakin kompetitif dengan meningkatnya permintaan dan bertambahnya jumlah bengkel yang bisa melakukan konversi.

Editor : Dani M Dahwilani

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda