Proton Rambah Penjualan Mobil Bekas

Riyandy Aristyo ยท Kamis, 30 Juli 2020 - 12:35 WIB
Proton Rambah Penjualan Mobil Bekas

Ekspansi bisnis, Proton berencana memperluas jaringan mobil bekas di Malaysia. (Foto: Paultan)

KUALA LUMPUR, iNews.id - Proton berencana memperluas jaringan mobil bekas di Malaysia. Ini lantaran penjualan mobil bekas di sana tumbuh hingga 100 persen sepanjang semester pertama 2020.

Dilansir dari Paultan, Kamis (30/7/2020), Asosiasi Otomotif Malaysia (MAA) mengatakan, bisnis mobil bekas tidak bisa dipandang sebelah mata karena menjadi komponen penting dalam industri otomotif.

Proton menerapkan konsep Used Car Management (UCM) untuk membantu distribusi mobil bekas. Pabrikan asal Malaysia ini berharap dapat menaikkan nilai mobil sekaligus mendongkrak penjualan mereka.

"Dengan penjualan Proton yang tumbuh cepat, peran manajemen mobil bekas menjadi lebih penting karena membantu pelanggan menjual mobil mereka," ujar Head of Used Car Management Proton, Brian Cheah.

Mobil-mobil bekas itu dijual dengan label Proton Certified Pre-Owned (PCPO). Sebelum dijual, mobil tersebut akan diinspeksi di 201 titik dengan jaminan tidak terendam banjir serta tidak pernah mengalami kecelakaan besar.

"Di masa depan, UCM akan membuat portal mobil bekas khusus Proton dengan platform penjualan online untuk menarik pembeli mobil bekas yang melek teknologi," kata Cheah.

Meski baru berjalan satu tahun, gerak Proton UCM mendapat sambutan sangat positif dari pasar mobil bekas Malaysia. Padahal, program ini belum genap satu tahun dioperasikan.

"Kami memulai program UCM pada Oktober 2019 dan membantu tenaga penjual mendapatkan transaksi karena harga mobil yang kompetitif untuk Proton bekas," kata Direktur Utama LHM One Stop Car Service Center, Ryan Lai.

Editor : Dani Dahwilani