Sejarah Ferarri, Bermula dari Komponen Mobil Bekas Alfa Romeo Kini Jadi Lambang Kekayaan 

Fikri Kurniawan · Rabu, 09 Juni 2021 - 07:33:00 WIB
Sejarah Ferarri, Bermula dari Komponen Mobil Bekas Alfa Romeo Kini Jadi Lambang Kekayaan 
Enzo Ferrari membuat kesepakatan dengan Alfa Romeo menggunakan alat-alat bekas yang didapatkan dari sisa-sisa mobil Alfa yang tidak diikutkan balapan. 

BOLOGNA, iNews.id - Siapa yang tak kenal dengan mobil Ferrari. Mobil Italia ini menjadi simbol kemwahan dan kebangaan pemilknya. 

Namun, jauh ke belakang bukan hal mudah bagi Ferrari menanjaki jalan mencapai kesuksesan seperti sekarang. Perusahaan ini didirikan Enzo Anselmo Ferrari pada 1929. 

Ide mendirikan perusahaan tersebut muncul saat Enzo bertemu dengan Augusto Caniato dan Alfredo Caniato, serta pembalap Mario Tadini di kota Bologna, Italia. Dalam pertemuan tersebut, diputuskan mereka akan mendirikan sebuah tim produksi mobil Alfa Romeo, dan Enzo sebagai pembalap serta desainer. 

Saat itu, Enzo telah menyematkan lambang kuda pada setiap mobil rakitannya. Lambang kuda jingkrak tersebut terinspirasi dari sebuah lukisan pada badan pesawat tempur yang diterbangkan Francesco Barraca saat Perang Dunia I. 

Pada 1932, Enzo cukup sukses di dunia balap. Pada tahun yang sama, Enzo turun di ajang balap 24 Hours of Le Mans, dengan menggunakan mobil produksi Alfa Romeo 8C 2300 Spider. 

Tak disangka Enzo memiliki peruntungan yang besar. Tim Enzo menyabet juara 1 dan 2. Tak ayal, manajer dan pencari bakat divisi balap Alfa Romeo, Alfa Corse, melirik kemampuan Enzo dan merekrutnya. Namun, Enzo tak bertahan lama di sana. 

Pada 1939, Enzo memilih hengkang dari Alfa membuat perusahaannya sendiri yang diberi nama Auto Avio Costruzioni Ferrari. 

Saat itu, Enzo membuat kesepakatan dengan Alfa menggunakan alat-alat bekas yang didapatkan dari sisa-sisa mobil Alfa Romeo yang tidak mengikuti balapan. 

Editor : Dani M Dahwilani

Halaman : 1 2 3