Sejarah Ford, Berawal dari Mobil Murah

Bertold Ananda · Rabu, 09 Juni 2021 - 15:16:00 WIB
Sejarah Ford, Berawal dari Mobil Murah
Mobil pertama Ford adalah Model T pada 1908 dijual dengan harga terjangkau dan perawatannya mudah. (Foto: DePaula Ford)

JAKARTA, iNews.id - Ford merupakan salah satu produsen mobil terkenal di dunia. Pabrikan asal Amerika Serikat (AS) ini berdiri pada Juni 1903. 

Adalah Hanry Ford yang membangun merek Ford. Hanry Ford berserta 11 rekan bisnisnya menandatangi perjanjian kerja sama mendirikan Ford Motor Company (FMC). Modal awal perusahaan saat itu sebesar 28.000 dolar AS.

Mobil pertama yang dibuat Ford adalah Model T yang dijual pada 1908. Kala itu kendaraan ini merupakan alat transportasi praktis dan terjangkau. Di samping itu perawatannya mudah. Tak heran, Model T menjadi produk Ford paling sukses di dunia.

Pada 1911, dia mendirikan pabrik perakitan pertama di Missouri, AS dan membuka pabrik di luar negeri pertama di Manchester, Inggris.

Langkah Ford membuat Model T menjadi mobil pertama di dunia yang melewati jalur assembly line. Sekaligus mengenalkan sistem produksi yang efisien kepada pabrikan di seluruh dunia.

Untuk meningkatkan produktivitas kerja, Ford menerapkan sistem upah buruh pabrik sebesar 5 dolar AS per hari yang dihitung 8 jam kerja.

Pada 1914, sekitar 500 ribu lebih Model T terjual di seluruh dunia. Permintaan yang semakin tinggi membuat Ford menambah hingga lebih dari 20 fasilitas produksi dan perakitan yang tersebar di seluruh dunia.

Editor : Dani M Dahwilani

Halaman : 1 2