Sejarah Mobil Listrik, Pasang Surut Pernah Banyak Digunakan namun Kembali Tenggelam

Tika Vidya Utami ยท Kamis, 29 September 2022 - 06:12:00 WIB
Sejarah Mobil Listrik, Pasang Surut Pernah Banyak Digunakan namun Kembali Tenggelam
Tahukah Anda mobil listrik di dunia sejatinya bukanlah hal baru sudah dikembangkan sejak 1800-an. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Mobil listrik (electric vehicle/EV) saat ini dianggap sebagai kendaraan mutakhir ramah lingkungan. Berbagai pabrikan pun berlomba mengembangkan kendaraan ini dengan menyematkan berbagai teknologi canggih.

Namun, tahukah Anda mobil listrik di dunia sejatinya bukanlah hal baru. Pada 1832, Robert Anderson asal Inggris sudah mengembangkan mobil roda tiga menggunakan baterai. Namun ketika itu, belum ada teknologi isi ulang baterai dan baru ditemukan sekitar 1859.

Pada 1884, penemuan mobil dengan tenaga listrik bermula dari penemuan baterai isi ulang serta ide mobil listrik. Penemuan tersebut berasal dari Thomas Parker asal Inggris, yang membuat prototipe mobil listrik. Kendaraan ini kemudian masuk Amerika Serikat (AS) pada 1889-1891.

William Morrison dari Des Moines, Iowa mempelopori kendaraan listrik pertama yang sukses di Amerika Serikat. Keberhasilan itu menempatkan kendaraan listrik sebagai transportasi yang disukai lantaran sifatnya yang tidak bising, mudah dikendarai, hingga tidak adanya polusi yang dihasilkan. William Morrison memamerkan mobil ciptaannya di Chicago World Fair pada 1893.

Pada 1900-an, tercatat sepertiga kendaraan di Amerika Serikat ditenagai listrik. Ferdinand Porsche, pendiri merek mobil sport yang populer saat ini, Porsche, telah menambah durabilitas mobil listrik guna bisa melaju lebih lama pada 1901. Mobil tersebut dinamakan Lohner Porsche Mixte, ditenagai baterai listrik serta mesin bensin. Mobil tersebut menandakan mobil hybrid pertama. 

Pada 1912, Ford Model T diproduksi massal. Hal ini lantaran harganya yang lebih terjangkau dan penjualannya naik hingga 1 junit, terlebih setelah mulai dikenalkannya sistem starter listrik.

Ketika tambang-tambang minyak mulai bermunculan di Texas, Amerika Serikat, membuat tempat pengisian bensin lebih dapat menjangkau pedesaan dan kota. Hal tersebut, populasi mobil listrik berkurang sejak 1935. 

Pada 1968-1973 harga bensin melambung tinggi. Kenaikan bahan bakar ini disebabkan banyaknya permintaan mobil internal combustion engine (ICE). Kondisi tersebut pamor listrik kembali naik.

Saat itu, General Motors mengembangkan prototipe untuk mobil listrik perkotaan. Prototipe tersebut ditampilkan pada Low Pollution Power Systems Development pada 1973. Selain itu, ada Sebring-Vanguard yang telah memproduksi 2.000 CitiCars. CitiCars dapat menempuh jangkauan 50-60 mil. Mobil ini cukup terkenal, sehingga menjadikan Sebring Vanguard sebagai produsen mobil Amerika Serikat terbesar keenam pada 1975.

Dibandingkan dengan mobil bertenaga gas, kendaraan listrik memang mempunyai jangkauan terbatas, serta performa yang kurang. Dampaknya, minat masyarakat terhadap kendaraan listrik kembali memudar. 

Pada 1990, pemerintah Amerika Serikat memperbarui peraturan terkait pengembangan mobil listrik. Salah satunya adalah memperbolehkan memodifikasi kendaraan konvensional menjadi kendaraan listrik. Hal ini memungkinkan kendaraan untuk dapat mencapai kecepatan serta kinerja yang lebih mendekati kendaraan bertenaga bensin.

Editor : Dani M Dahwilani

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda