Setengah Abad di Indonesia, Toyota Akan Fokus Kembangkan Kendaraan Listrik

Dani M Dahwilani · Selasa, 05 Januari 2021 - 15:04:00 WIB
Setengah Abad di Indonesia, Toyota Akan Fokus Kembangkan Kendaraan Listrik
Memasuki usia 50 tahun di Indonesia, Toyota telah berkembang menjadi perusahaan mobilitas dengan berbagai produk, termasuk kendaraan listrik. (Foto: Dok/Toyota)

JAKARTA, iNews.id – Memasuki usia 50 tahun di Indonesia, Toyota telah berkembang menjadi perusahaan mobilitas dengan berbagai produk, termasuk elektrifikasi (kendaraan listrik). Tak hanya itu, Toyota menjadi produsen dengan layanan purnajual terbesar yakni 333 outlet di seluruh wilayah Indonesia.

Lahirnya Toyota Indonesia bermula dari upaya memenuhi kebutuhan tranportasi masyarakat pada era 1970-an. Dimulai dari impor, Toyota berkembang hingga mampu menambah perannya dengan melokalisasi proses produksi dan meningkatkan kandungan lokal dengan mengembangkan rantai pasok di dalam negeri, termasuk lokal material dari industri hulu. 

Didukung lima pabrik manufaktur mobil dan mesin, Toyota menjadi salah satu basis produksi (hub) di pasar Asia-Pasifik sehingga dapat mengekspor produk dalam negeri ke lebih dari 80 negara di Asia, Afrika, Amerika Latin, Karibia, dan Timur Tengah.

“Kami bersyukur dapat menjadi bagian dari perkembangan sosial-ekonomi serta industri otomotif di Indonesia selama 50 tahun. Berkat kepercayaan yang diberikan oleh masyarakat serta dukungan dari pemerintah Indonesia, Toyota Indonesia dapat berkembang menjadi salah satu pusat produksi dan ekspor di Asia-Pasifik ke pasar global," ujar President Director PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia, Warih Andang Tjahjono dalam keterangan persnya, Selasa (5/1/2020). 

"Ke depan, kami berkomitmen turut serta secara aktif mengembangkan industri otomotif Indonesia dan menambah kandungan lokal melalui pendalaman industri hulu, termasuk produk berteknologi tinggi berbasis elektrifikasi untuk mendukung program pemerintah dalam menurunkan emisi, sekaligus memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia yang terus berkembang,” katanya. 

Dalam beberapa dekade terakhir, teknologi industri otomotif di Indonesia mengalami kemajuan pesat. Ini memotivasi sekaligus memberi ruang lebih luas kepada Toyota menghadirkan deretan produk yang dapat memenuhi beragam kebutuhan mobilitas masyarakat. Lebih dari 20 line up kendaraan terdiri atas beragam jenis kendaraan, mulai dari MPV, SUV, Hathback, Sedan, Commercial, hingga Sport tersedia sebagai pilihan produk lengkap bagi masyarakat Indonesia.

Bahkan, Toyota Indonesia juga telah mengantisipasi lebih awal tantangan masa depan seperti tuntutan pengembangan kendaraan ramah lingkungan. Sejak 2009, Toyota Indonesia telah memperkenalkan Toyota Prius sebagai kendaraan Hybrid Electric Vehicle (HEV) ramah lingkungan berkat teknologi mesin berbasis elektrifikasi, sehingga menghasilkan emisi lebih rendah dan meningkatkan efisiensi bahan bakar.

Hingga kini, Toyota Indonesia telah memasarkan 10 line up kendaraan berteknologi elektrifikasi yang terdiri atas demapab Hybrid Electric Vehicle (HEV), satu Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV), dan satu Battery Electric Vehicle (BEV).

Editor : Dani M Dahwilani

Halaman : 1 2