Gaikindo Tetap Akan Gelar Pameran GIIAS 2020, Event Diundur Jadi Oktober  

Dani M Dahwilani · Selasa, 05 Mei 2020 - 13:33 WIB
Gaikindo Tetap Akan Gelar Pameran GIIAS 2020, Event Diundur Jadi Oktober   

Gaikindo tetap akan menyelenggarakan pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2020 di Surabaya dan Jakarta. (Foto: Dok/GIIAS)

JAKARTA, iNews.id – Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mengumumkan tetap akan menyelenggarakan pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2020 di Surabaya dan Jakarta. Untuk event di Jakarta akan diundur dari Agustus menjadi Oktober 2020.

Ketua Umum Gaikindo Yohannes Nangoi menyatakan, menimbang beberapa faktor penentu, yakni kondisi pandemi Covid-19, dan status tanggap darurat yang ditetapkan pemerintah hingga 29 Mei 2020, serta beberapa masukan tentang dampak pandemi terhadap industri otomotif dan kondisi perekonomian, Gaikindo berasumsi Juni 2020 kondisi akan mulai membaik. Pada Juli 2020 kondisi negara secara keseluruhan akan normal, termasuk kondisi ekonomi Indonesia.

Terkait hal tersebut, lanjut Yohannes, Gaikindo mengambil beberapa keputusan penting berkenaan dengan penyelenggaraan GIIAS 2020. Pertama, mengkonsentrasikan penyelenggaraan pada dua pameran GIIAS, yakni GIIAS Surabaya 2020 dan The 28th GIIAS di ICE BSD City. Sementara penyelenggaraan GIIAS Makassar dan GIIAS Medan akan dilaksanakan pada 2021.

“Kami harus berpikir ke depan, bahwa berbagai faktor harus kami prioritaskan, seperti kesehatan dan keselamatan masyarakat, serta kondisi perekonomian negara. Selain itu, kami juga harus memikirkan kepentingan industri, bahwa industri otomotif akan membutuhkan waktu untuk recovery, namun juga membutuhkan ajang bangkit Kembali. Karena itu, kami memutuskan tetap melangsungkan GIIAS 2020, konsentrasi di dua penyelenggaraan dengan beberapa penyesuaian,” ujarnya, dalam keterangan persnya kepada iNews.id, Selasa (5/5/2020).

Sementara itu, Ketua III Gakindo, sekaligus Ketua Penyelenggara GIIAS 2020, Rizwan Alamsjah menjelaskan beberapa penyesuaian mencakup pergeseran tanggal penyelenggaraan dan pengurangan durasi pameran khusus untuk GIIAS Surabaya 2020.

“Kami harus membuat penyesuaian untuk fokus memenuhi kebutuhan industri dan tetap memprioritaskan keamanan dan kenyamanan pengunjung. Kami mencapai kesimpulan menggeser tanggal penyelenggaraan adalah pilihan terbaik. Di mana GIIAS Surabaya 2020 akan berlangsung pada September dan The 28th GIIAS, BSD-CITY pada Oktober,” katanya.

Rizwan menerangkan rencana itu adalah berdasarkan prediksi tanggap darurat yang ditetapkan pemerintah serta menimbang waktu persiapan yang dibutuhkan penyelenggaraan pameran.

Adapun rencana penyelenggaraan GIIAS Surabaya 2020 akan berlangsung selama lima hari di Grand City Convex Surabaya, pada 2-6 September 2020, dari sebelumnya pada 20-29 Maret 2020. Sementara GIIAS 2020 di ICE BSD City diundur menjadi 22 Oktober-1 November 2020, dari sebelumnya pada 7-17 Agustus 2020.

Rizwan yakin penyelenggaraan GIIAS 2020 The Series menjadi ajang paling tepat untuk bersama membangkitkan industri otomotif Indonesia.

"Gaikindo percaya dengan penyesuaian waktu, pameran GIIAS The Series akan tetap menjadi pilihan terbaik bagi para Agen Pemegang Merek (APM) industri otomotif untuk kembali bangkit. Ini menunjukkan semangat pencapaian lewat berbagai produk dan inovasi terkini kepada masyarakat, dan kembali memenuhi kebutuhannya pada 2020,” ujarnya.

“Semoga pandemi Covid-19 ini dapat segera teratasi dan kita semua dapat kembali beraktivitas memajukan industri, dan masyarakat dapat menikmati sajian terbaik di GIIAS 2020 The Series,” kata Rizwan.

Editor : Dani Dahwilani