Tsunehiro Kunimoto

Mengenal Sosok di Balik Desain Dynamic Shield Mitsubishi

Dani M Dahwilani ยท Rabu, 12 Februari 2020 - 15:15 WIB
Mengenal Sosok di Balik Desain Dynamic Shield Mitsubishi

Desainer Dynamic Shield Mitsubishi Tsunehiro Kunimoto. (Foto: Mitsubishi)

JAKARTA, iNews.id – Seorang desainer mobil harus bisa membuat sebuah karya yang benar-benar baru dan inovatif, tapi tetap bisa menerjemahkan ekspektasi konsumen. Itu merupakan sudut pandang fundamental bagi seorang desainer.

Pedoman itulah yang dipegang teguh Tsunehiro Kunimoto, pria yang bertanggung jawab terhadap desain kendaraan penumpang Mitsubishi Motors. Pria kelahiran 1950 ini, sudah 45 tahun berkecimpung di dunia desain kendaraan, tepatnya setelah menyelesaikan kuliah di Musashino Art University, Jepang.

Ketertarikan Kunimoto terhadap dunia desain sejak muda. Saat itu, sang ayah seringkali bepergian keluar negeri dan membawakan beragam peralatan serta perkakas dari Eropa dan Amerika. Dia melihat barang-barang yang dibawa ayahnya itu memiliki desain yang sangat indah, berbeda dengan barang yang ada di Jepang saat itu.

“Dari peralatan yang dibawa oleh ayah, memicu saya menyukai dunia desain. Karena produk yang memiliki desain indah itu ternyata juga fungsional. Desain yang ergonomis dan fungsional itu benar-benar berkualitas bagus dan sejak itulah saya memutuskan untuk menjadi seorang desainer,” ujar Kunimoto, dalam keterangan tertulis yang diterima iNews.id, Rabu (12/2/2020).

Lalu saat kuliah, Kunimoto merasakan krisis minyak di era 1970-an, di mana industri otomotif saat itu terkena dampaknya. Namun, Kunimoto percaya jika industri otomotif akan bertahan dan terus berkembang. Saat itulah dia memutuskan otomotif yang akan menjadi fokus desainnya.

“Saya percaya di masa depan orang tetap membutuhkan pengalaman berkendara meski teknologi mobil sudah lebih canggih. Mobil di masa depan tetap akan memiliki desain yang bagus dan juga sistem yang modern. Hal-hal seperti ini yang membuat saya tertarik menjadi desainer mobil,” katanya.

Bergabung dengan Mitsubishi Motors Corporation (MMC) pada 2014, Kunimoto berinteraksi dengan konsumen Mitsubishi di seluruh dunia. Tujuannya hanya satu, dia ingin mengetahui apa ekspektasi konsumen terhadap produk Mitsubishi nanti.

“Saat saya baru bergabung dengan Mitsubishi, saya langsung mengunjungi negara di mana penjualan Mitsubishi sangat kuat, seperti Eropa, Asia, termasuk Indonesia. Di situlah saya menemukan kunci penting dalam kendaraan Mitsubishi, yaitu tangguh dan perawatannya mudah,” ujar Kunimoto.

Editor : Dani Dahwilani

Halaman : 1 2 3 Tampilkan Semua