Wabah Covid-19 Ubah Strategi Bisnis Produsen Otomotif di Indonesia Berorientasi Digital
Bayu menambahkan, transisi ini bukan hal yang mudah dan instan dilakukan. Tantangannya adalah me-mindset konsumen yang terbiasa datang ke dealer, dialihkan dengan membeli mobil secara online.
"Tantangan penjualan dengan cara ini adalah men-shifiting konsumen dari offline ke online. Apalagi kondisi seperti ini belum terbiasa di brand premium. Diharapkan, ini bisa berangsur lebih mudah ke depannya karena customer sudah tahu BMW dapat dibeli secara online," ujarnya.
Hal senada disampaikan Director of Sales and Marketing Division PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) Irwan Kuncoro. Dia memandang tengah PSBB strategi yang paling efektif adalah dengan penjualan secara online.
"Konsumen kita pandu melalui layanan online. Kita komunikasi dengan mereka, sehingga mereka merasa terlayani dengan baik," katanya.
Demikian pula, Direktur Marketing PT Daihatsu Astra Motor (ADM) Amelia Chandra. Dia mengatakan ada peningkatan penggunaan digital pada saat pembatasan sosial ini. Untuk itu, pihaknya akan memaksimalkan layanan ini mulai dari website Daihatsu, web Astra Seva, web dealer dan medsos.
"Tidak hanya kami, para dealer di berbagai daerah juga memilik webiste sendiri, sehingga layanan penjualan semakin maksimal," katanya.
Editor: Dani M Dahwilani