5 Gerakan untuk Bentuk Otot Dada dan Lengan, Ternyata Tak Perlu Repot ke Gym

Quadiliba Al-Farabi ยท Rabu, 27 Oktober 2021 - 21:30:00 WIB
5 Gerakan untuk Bentuk Otot Dada dan Lengan, Ternyata Tak Perlu Repot ke Gym
Ada 5 gerakan untuk bentuk otot dan lengan yang mudah dilakukan. Anda bahkan bisa melakukannya di rumah dan tak perlu repot ke gym. (Foto: Youtube/Adam Frater)

JAKARTA, iNews.id - Ada 5 gerakan untuk bentuk otot dan lengan yang mudah dilakukan. Anda bahkan bisa melakukannya di rumah dan tak perlu repot ke gym.

Gerakan untuk bentuk otot dada dan lengan cukup beragam. Tapi tetap syarat utamanya adalah konsistensi rutin dan menargetkan progres setiap harinya. Tak mengapa sedikit-sedikit tapi tetap meningkat dari hari ke hari.

Otot dada dan lengan merupakan dua kelompok otot yang berbeda. Di dunia fitness, otot dada tergolong pada major muscles (otot besar) sementara otot lengan termasuk minor muscles (otot kecil).

Segala yang menyangkut pembentukan otot besar, umumnya dilakukan gerakan Compound atau gerakan yang melibatkan dua persendian atau lebih. Sementara untuk otot kecil, biasanya dengan gerakan isolation atau melibatkan hanya satu sendi.

Namun tak jarang ada saja gerakan yang melibatkan dua otot ini sekaligus.

Berikut 5 Gerakan untuk Bentuk Otot Dada dan Lengan:

1. Push Up

Ilustrasi seorang pria melakukan diamond push up atau push up berlian. (Foto: Youtube/ScottHermanFitness)

Tak ada yang asing dengan gerakan ini. Gerakan yang memberikan tumpuan pada kedua lengan untuk mengangkat badan ini mampu melatih banyak otot sekaligus, di antaranya dada, lengan (bisep&trisep), bahu, dan perut.

Gerakan push-up yang fokus pada bidang yang datar ini sebenarnya memiliki banyak variasinya. Variasi itu akan menentukan tekanan mana pada otot yang ingin dituju. Meski begitu, pada intinya gerakan manapun tetap berpengaruh pada otot-otot yang telah disebutkan tadi.

2. Incline dan Decline Push Up

Foto: In Life Health Care

Kalau push up biasa berada di bidang datar, tapi untuk jenis ini merupakan gerakan di bidang miring. Incline berarti posisi kepala lebih tinggi dibanding kaki, decline berarti sebaliknya.

Anda dapat menggunakan kursi atau bidang yang lebih tinggi dan kuat untuk melakukan push up ini. Tekanan pada gerakan ini jauh lebih sulit dibanding push up yang biasa karena gaya gravitasi yang dihasilkan jauh lebih besar.

Editor : Reynaldi Hermawan

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: