5 Macam Gerakan Push Up, Nomor 4 Penuh Tantangan

Andhika Khoirul Huda · Minggu, 24 Oktober 2021 - 15:39:00 WIB
5 Macam Gerakan Push Up, Nomor 4 Penuh Tantangan
Seorang wanita melakukan gerakan push up di sebuah anak tangga.

JAKARTA, iNews.id - Ada 5 macam gerakan push up yang dijamin bisa bikin badan lebih sehat dan kekar. Tentunya hasilnya bisa didapat bila rajin dilakukan.

Di tengah pandemi Covid-19 ini, sebagian besar orang menghabiskan waktu mereka di rumah. Hal itu dilakukan untuk terhindar dari infeksi virus yang berasal dari Wuhan tersebut.

Namun, jika hanya berdiam diri di rumah jelas akan sangat membosankan. Untuk itu, olahraga di dalam ruangan menjadi salah satu pilihan untuk mengatasi kebosanan yang melanda.

Banyak orang yang terpacu untuk membentuk otot tubuh ketika berada di dalam rumah. Salah satunya dengan melakukan gerakan push up.

Push up merupakan teknik olah tubuh dengan menggunakan telapak tangan dan telapak kaki. Jari-jari tangan harus terbuka lebar untuk memberikan tumpuan yang kokoh di lantai. Sementara jari kaki harus ditekan sekeras mungkin.

Selain itu, posisi bokong juga harus dijaga untuk tetap lurus sejajar dengan kaki dan tidak boleh mengangkat terlalu ke atas. Terakhir, gerakan anda harus terkontrol dengan irama yang baik untuk mendapat hasil maksimal.

Berikut 5 macam gerakan push up:

1. Push Up Konvensional

Jenis push up ini punya gerakan yang paling mendasar atau yang paling umum. Kebanyakan orang pasti sudah pernah melakukannya baik di pendidikan sekolah maupun pelatihan militer.

Pertama-tama, anda harus berbaring telungkup di lantai untuk melakukannya. Lalu letakkan telapak tangan anda setinggi dada dan angkat tubuh anda sembari menekan kaki di lantai.

Kemudian, bentangkan tangan semampu anda, tentu lebih baik jika anda bisa melakukannya dengan lebar. Setelah itu tekuk tangan anda sehingga posisi dada berada di antara kedua tangan, lalu naikkan dan turunkan tubuh anda.

Dengan melakukan gerakan ini, anda akan membentuk otot lengan dan dada. Tentunya kedua otot anda tersebut akan menjadi lebih kuat lagi.

2. Push Up Berlian

Ilustrasi seorang pria melakukan diamond push up atau push up berlian. (Foto: Youtube/ScottHermanFitness)
Ilustrasi seorang pria melakukan diamond push up atau push up berlian. (Foto: Youtube/ScottHermanFitness)

Gerakan push up selanjutnya adalah push up berlian. Jenis ini tak berbeda banyak dengan push up dasar di atas.

Titik perbedaannya hanya pada letak kedua telapak tangan. Sebab, anda harus meletakkan kedua telapak tangan anda lebih masuk lagi ke dalam.

Anda harus mempertemukan kedua tangan anda di bawah dada dengan posisi ibu jari dan telunjuk yang bertemu membentuk segitiga. Itulah yang membuat push up ini disebut berlian.

Yang perlu diperhatikan adalah, kedua siku anda harus tetap dekat dengan tubuh. Sebab, jika anda melebarkannya maka anda bisa mengalami cedera. Gerakan ini akan melatih otot trisep dan dada bagian atas.

Editor : Dimas Wahyu Indrajaya

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: