10 Gerakan Pemanasan Sebelum Olahraga, Wajib Dilakukan untuk Cegah Cedera

Rio Erfandi ยท Jumat, 22 Oktober 2021 - 19:30:00 WIB
10 Gerakan Pemanasan Sebelum Olahraga, Wajib Dilakukan untuk Cegah Cedera
Ada 10 gerakan pemanasan sebelum olahraga. Kegiatan ini wajib dilakukan untuk mencegah cedera. (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id – Ada 10 gerakan pemanasan sebelum olahraga. Kegiatan ini wajib dilakukan untuk mencegah cedera.

Pemanasan tersebut bisa dilakukan dengan berbagai gerakan dimulai dari kepala hingga kedua kaki. Ada beberapa gerakan pemanasan untuk semua bagian tubuh agar kegiatan olahraga berjalan lancar.

Berikut 10 gerakan pemanasan sebelum memulai olahraga: 

1. Memutar Kepala

Pertama melakukan pemanasan di bagian kepala. Gerakan ini sangat mudah untuk dilakukan. Gerakan leher memutar sesuai arah jarum jam dengan hitungan 10 detik. Setelahnya lakukan dengan arah sebaliknya dengan hitungan yang sama 10 detik.

2. Memutar Pinggang

Sama seperti memutar kepala, bagian kali ini tepat berada di bagian tubuh. Regangkan bagian kedua kaki lalu putar sesuai arah jarum jam selama 10 detik. Begitu pula juga dengan arah sebaliknya selama 10 detik.

3. Memutar Lengan

Rentangkan kedua tangan kemudian lakukan memutar lengan ke dalam dan keluar secara bergantian. Masing-masing dengan hitungan 10 detik.

Masih sama dibagian lengan, tetapi kini pada bagian bahu. Putar bahu ke dalam dan keluar secara bergantian. Masing-masing dengan hitungan yang sama 10 detik.

Editor : Reynaldi Hermawan

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: