Ini Cara Menangkap Bola pada Permainan Bola Basket yang Wajib Dikuasai Pemula

Rilo Pambudi ยท Minggu, 17 April 2022 - 07:00:00 WIB
Ini Cara Menangkap Bola pada Permainan Bola Basket yang Wajib Dikuasai Pemula
Cara menangkap bola pada permainan bola basket merupakan salah satu teknik dasar yang perlu dipahami.(foto: PB PON XX Papua 2021).

JAKARTA, iNews.id - Cara menangkap bola pada permainan bola basket merupakan salah satu teknik dasar yang perlu dipahami. Sama seperti olahraga lain, permainan bola basket juga memiliki beberapa teknik dasar yang perlu dikuasai. 

Bagi para pemula, pastinya perlu mengenal apa itu dribbling, shooting, rebound, pivot, atau passing dan catching.

Dikutip dari buku Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan yang diterbitkan Kemendikbud, melempar dan menangkap bola (passing and catching) adalah suatu gerakan yang merujuk pada memberi dan menerima umpan antar pemain dalam satu tim. 

Sebagaimana diketahui, permainan bola basket memiliki ritme yang sangat cepat. Oleh karena itu, kerja sama tim yang baik sangat dibutuhkan dalam permainan ini agar dapat mencetak angka. Khususnya dalam hal memberi dan menerima bola. 

Istilah mengoper/melempar/mengumpan pastinya selalu berhubungan dengan menangkap (catching) atau menerima bola. Mengoper bola dapat dilakukan dengan beberapa cara. Antara dari atas kepala (overhead pass), dari depan dada (chest pass), dan memantul (bounce pass). 

Maka, teknik menangkap bola juga disesuaikan dengan arah datangnya bola. Menangkap bola (catching ball) terdiri dari dua macam cara, yaitu menangkap bola di atas kepala dan menangkap bola di depan dada.

Editor : Ibnu Hariyanto

Halaman : 1 2

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda