Pemain Futsal Wajib Tahu! Ini Jenis Bola Standar FIFA

MNC Media · Selasa, 11 Mei 2021 - 14:59:00 WIB
Pemain Futsal Wajib Tahu! Ini Jenis Bola Standar FIFA
Kualitas bola sangat mempengaruhi permainan dalam olahraga futsal. Untuk itu si kulit bundar yang digunakan harus berstandar FIFA. (Foto: MNC Media)

JAKARTA, iNews.id - Kualitas bola sangat mempengaruhi permainan dalam olahraga futsal. Untuk itu si kulit bundar yang digunakan harus berstandar FIFA

FIFA Futsal Law of The Game (LOTG) 2020/2021 artikel 2 mengatur bola yang digunakan dalam pertandingan. Pertama, bola yang digunakan harus bulat, terbuat dari bahan yang sesuai, yaitu lingkar antara 62 hingga 64 cm, berat 400 hingga 440 gram ketika memulai pertandingan.

Tekanan udaranya antara 0,6 hingga 0,7 atm (600-900 gram/cm) di atas permukaan laut. Selain itu bola tidak boleh memantul lebih rendah dari 50 cm atau lebih tinggi dari 65 cm pada pantulan pertama ketika dijatuhkan dari ketinggian 2 meter.

Bola-bola yang digunakan dalam pertandingan atau kompetisi resmi harus mendapatkan standar dengan label FIFA Quality Pro, FIFA Quality, atau Standar Pertandingan Internasional (IMS).

Selain persyaratan seperti yang diatur LOTG pemilihan jenis bola harus diperhatikan untuk menjaga performa dan kualitas pertandingan.

Berdasarkan proses produksi, ada dua jenis bola futsal, yaitu bola yang dibuat dengan proses  penjahitan dan proses pressing. Bola futsal yang dibuat dengan proses penjahitan lebih lembut dan empuk. Bola jenis ini tidak terlalu keras ketika disundul atau ditendang.

Meski bola jenis ini lembut dan empuk, bola yang diproduksi dengan proses penjahitan biasanya lebih cepat rusak. Itulah sebabnya, jika akan sering digunakan, bola jenis ini tidak direkomendasikan.

Sementara untuk bola futsal yang dibuat dengan cara pressing, secara umum memiliki kualitas yang lebih kuat. Bola jenis ini memiliki pantulan yang lebih mudah dikontrol.

Berdasar bahan, bola futsal terbuat dari karet, polyurethane, atau polyvinyl chloride. Bola berbahan karet, biasanya digunakan untuk permainan sehari-hari. Bola dengan material polyurethane atau polyvinyl chloride lebih kuat. 

Bola berbahan polyurethane memiliki kualitas yang bagus, tahan paparan air. Sementara bola berhahan polyvinyl chloride lebih ringan dan awet.

Pelatih tim Red Manguni, Sayan Karmadi sepakat, jenis bola dapat mempengaruhi kualitas permainan. Coach Sayan menyebutkan, jenis lapangan harus diperhatikan dalam pemilihan bola.

Editor : Reynaldi Hermawan

Halaman : 1 2