Pembalap Honda Tetap Jaga Kebugaran di Tengah Karantina

Bagusthira Evan Pratama ยท Kamis, 09 April 2020 - 16:25 WIB
Pembalap Honda Tetap Jaga Kebugaran di Tengah Karantina

Astra Honda Racing Team (AHRT) 2020 diperkenalkan di Jakarta (Foto: AHM)

JAKARTA, iNews.id - Para pembalap Astra Honda Racing Team (AHRT) tak berdiam diri meski sedang jalani masa karantina. Demi menjaga kebugaran, mereka tetap melakukan latihan ringan di rumah masing-masing.

Hal ini diungkapkan Irfan Ardiansyah, pembalap asal Ungaran, Jawa Tengah yang tahun ini berlaga di Asia Road Racing Championship (ARRC) kelas Supersport (SS) 600. Dia rutin berolahraga agar fisiknya tetap ideal.

"Misalnya setiap hari saya melakukan push up dan sit up 20 reps (gerakan naik turun) sebanyak 4 set. Lalu, dikombinasikan dengan plank ataupun hanging masing-masing 1 menit, selama 3 set. Terakhir, triceps 20 reps (menggantungkan badan dengan kekuatan lengan) sebanyak 3 set," kata Irfan dalam rilis AHRT.

Selain itu Irfan juga melakukan olahraga cardio seperti lari sejauh minimal 4km per hari. Namun hal tersebut dilakukannya dengan mengedepankan imbauan social distancing.

"Ini semua latihan normal dan semua orang bisa melakukannya. Tentunya dilakukan sesuai porsi dan kekuatan tubuh masing-masing," ujarnya.

Selain latihan, para pembalap juga menjaga pola makannya. Ini penting agar mereka tidak kegemukan dan gampang terserang penyakit.

"Makan makanan bergizi dan sesuai porsi kebutuhan tubuh kita. Itu kuncinya," ucap pembalap AHRT lainnya, Mario Suryo Aji.

“Paling penting lagi, lebih banyak minum agar tidak dehidrasi. Minimal 8 gelas per hari. Karena ada latihan, kebutuhan air diperbanyak,” ujarnya.

Tahun ini Mario seharusnya bersaing di ajang CEV Moto3 Junior World Championship. Sedangkan pembalap lainnya yaitu Lucky Hendriansya berada di ARRC kelas Asia Production (AP) 250 dan Delvintor Alfarizi di ajang Kejurnas Motocross.

Editor : Bagusthira Evan Pratama