Rahasia Kode Servis Pemain Badminton yang Jarang Diketahui, Ternyata Ini Arti Isyarat Jari Tengah

Rilo Pambudi ยท Sabtu, 24 September 2022 - 05:00:00 WIB
Rahasia Kode Servis Pemain Badminton yang Jarang Diketahui, Ternyata Ini Arti Isyarat Jari Tengah
Rahasia kode servis badminton (Foto: Badminton England)

JAKARTA, iNews.id - Rahasia kode servis pemain badminton yang jarang diketahui banyak orang berikut ini menarik diulas. Dalam permainan bulu tangkis terutama sektor ganda, ada sejumlah kode tertentu yang dikeluarkan pemain saat akan melakukan servis.

Kode tangan atau jari tersebut adalah bentuk komunikasi terhadap rekan setim untuk melakukan strategi tertentu. Melalui kode tersebut, pasangan dapat mengetahui jenis servis apa yang akan dilakukan.

Dilansir iNews.id dari PB Djarum, Jumat (23/9/2022), kode tersebut dimaksudkan agar pasangan tahu dan siap untuk mengantisipasi pengembalian lawan. Dengan servis tertentu, pemain bisa memperkirakan arah pengembalian shuttlecock.

Servis secara umum terdiri dari dari 3 macam. Antara lain adalah servis pendek atau lurus ke depan, servis tinggi atau jauh ke belakang, dan flick servis atau tanggung alias setengah tinggi.

Ketiga jenis servis itu mempunyai kode atau isyarat masing-masing. Lantas, apa rahasia kode servis pemain badminton yang tidak banyak diketahui orang awam tersebut? Berikut ini adalah ulasannya.

Rahasia Kode Servis Pemain Badminton

1. Kode Jari Jempol 

Isyarat dengan menunjukkan jari jempol biasanya dipakai pemain untuk melakukan servis kecil di bagian tengah lapangan lawan. Kode ini biasanya disampaikan lewat punggung untuk memberitahu rekan di belakangnya dan agar tidak dibaca lawan.

Dengan memberikan kode ini, pasangan dapat bersiap mengantisipasi pengembalian bola dari lawan. Ini penting untuk menentukan pola serangan dan menambah pundi-pundi poin.

2. Kode Jari Telunjuk

Berikutnya, ada kode jari telunjuk umumnya dipakai untuk memberi isyarat kepada pasangan bahwa pemain akan melakukan servis panjang ke belakang. 

Kendati demikian, beberapa pemain juga memakai kode ini untuk melakukan servis pendek. Ini tergantung dari kesepakatan dari pemain. Oleh karena itu, jangan sampai mudah terkecoh.

Editor : Komaruddin Bagja

Halaman : 1 2

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:





Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda