Tim Basket Amerika Serikat Kalah 2 Kali di Uji Coba, Sinyal Bakal Loyo di Olimpiade 2020?

Sri Lestari ยท Kamis, 22 Juli 2021 - 18:45:00 WIB
Tim Basket Amerika Serikat Kalah 2 Kali di Uji Coba, Sinyal Bakal Loyo di Olimpiade 2020?
Pebasket Portland Trail Blazers Damian Lillard. Lillard menjadi bagian tim basket USA di Olimpiade Tokyo 2020. (Foto: KSL Sports)

TOKYO, iNews.id- Timnas Basket Amerika Serikat (AS) menelan hasil kurang memuaskan di dua laga uji coba jelang Olimpiade Tokyo 2020. Tim Basket Amerika Serikat kalah dua kali masing-masing lawan Nigeria dan Australia.

AS secara mengejutkan kalah dari Nigeria 87-90. Setelah mereka tumbang dari Australia 83-91. Kenangan buruk itu coba dihilangkan skuad besutan Gregg Popovich di Olimpiade Tokyo 2020 nanti.

Damian Lillard dan Jayson Tatum mengaku siap mengembalikan nama besar The Dream Team di ajang multievent. Kekalahan beruntun itu dijadikan motivasi untuk membalikkan keadaan di Olimpiade 2020.

"Tim-tim internasional ini berpengalaman dan kami masih bekerja untuk menjadi sebuah tim,” kata Lillard mengutip dari BBC International, Kamis (22/7/2021).

“Kami tidak hanya akan mengeluarkan bola dan mengalahkan tim-tim ini. Kita saat ini memiliki lima pemain NBA sekarang,” ujar pebasket 31 tahun tersebut.

Untuk mengembalikan kejayaan rasanya tak akan mudah. Sejumlah pemain seperti Bradley Beal dan Kevin Love terpaksa mundur karena Covid-19 dan cedera.

Persoalan itu ditambah dengan masalah kekompakan dalam tim. Tim AS dinilai belum padu. Mereka masih mengandalkan kemampuan individu dan mengesampingkan kebersamaan. 

Namun, para peman menjamin kalau semua masalah akan segera diatasi di pertandingan nanti. 

"Tak satu pun dari kami pernah bermain satu sama lain. Kami hanya mencoba untuk mencari tahu (titik lemah lawan)," ucap Tatum.

Editor : Ibnu Hariyanto