Tips Pulihkan Cedera Engkel ala Pefutsal Iqbal Iskandar dan Fisioterapis Fortunella

MNC Media ยท Jumat, 30 April 2021 - 13:55:00 WIB
Tips Pulihkan Cedera Engkel ala Pefutsal Iqbal Iskandar dan Fisioterapis Fortunella
Pefutsal Iqbal Iskandar dan Fisoterapis Timnas Futsal Indonesia Fortunella Levyana memberikan tips untuk menyembuhkan cedera engkel. (Foto: MNC Media)

JAKARTA, iNews.id - Pefutsal Iqbal Iskandar dan Fisoterapis Timnas Futsal Indonesia Fortunella Levyana memberikan tips untuk menyembuhkan cedera engkel. Apa saja tahapannya?

Iqbal bukan atlet sembarangan. Pemain berusia 26 tahun itu memperkuat timnas futsal sejak 2016.

Selain itu Iqbal juga pernah memperkuat tim-tim tangguh seperti Balcksteel Manokwari, Vamos Mataram dan kini Bintang Timur Surabaya. Banyak asam manis yang sudah dia rasakan di dunia futsal.

Salah satunya adalah kisah tentang cedera yang pernah dia alami dan bagaimana cara memulihkannya. Atlet kelahiran Bogor jebolan STKIP Pasundan Cimahi ini pernah mengalami cedera berat di bagian ligamen sendi pergelangan kaki atau engkel yang disebut partial tear.

Cedera tersebut terjadi saat dia mengikuti AFF Futsal Championship di Yogyakarta pada 2018. Saat pertandingan penyisihan melawan tim Malaysia, dia salah melakukan tumpuan saat berlari sehingga engkel kakinya terkilir dan tidak bisa melanjutkan pertandingan.

“Menurut Fisioterapi tim, saya mengalami partial tear atau ada masalah pada ligamen sendi pergelangan kaki,” kata Iqbal.

Fisoterapis Timnas Futsal Indonesia Fortunella Levyana mengatakan cedera engkel yang biasa terjadi adalah cedera pada ligamen engkel. Ligamen adalah jaringan ikat yang menyambung tulang dengan tulang. Cedera partial tear bisa dipastikan penyebabnya adalah robeknya sebagian ligamen pada engkel. 

Faktor risiko penyebab cedera ini antara lain:
• Pemain tidak siap bertanding dan tidak bugar.
• Pemain tidak optimal melakukan pemanasan atau stretching.
• Pemain sedang dalam kondisi kelelahan atau akumulasi dari semua cedera ringan yang didapat pada titik yang sama dan tidak tertangani dengan baik sehingga menjadi parah saat mendapat kembali benturan yang sangat keras.

“Tapi cedera ini juga dapat terjadi karena hal sepele, misalnya kesalahan memilih sepatu futsal yang kurang tepat sesuai dengan kebutuhan kaki si pemain, sehingga tidak dapat menopang berat tubuh dan menjaga keseimbangan badan dengan baik,” Jelas Fortunella.

Editor : Reynaldi Hermawan

Halaman : 1 2